Mau Beli Rumah, Apa Syarat Pokoknya?

Senin, 14 April 2014 10:38

BERTUAHPOS.COM – Membeli rumah merupakan idaman setiap orang. Rumah adalah pertanda kesuksesan finansial seseorang untuk pertama kalinya setelah mampu memenuhi dua kebutuhan dasar, makanan dan pakaian.

Namun, apa yang menjadi tanda seseorang sudah mampu membeli rumah?

Sejatinya, tidak ada batasan umur untuk menunjukkan kemampuan seseorang dalam membeli rumah. Yang jelas, seseorang harus punya kesiapan secara finansial. Jika tidak, lebih baik mengontrak atau indekos ketimbang menanggung beban kredit atau utang yang cukup besar.

Lantas apa saja syarat untuk bisa membeli rumah? Jika lima hal ini belum terpenuhi lebih baik mengontrak dulu.

Baca: Ingin Sukses Menjual Properti? Gunakan “Drone”

1. Tabungan yang cukup

Jika belum memiliki dana cadangan untuk kebutuhan darurat, jangan memaksakan diri membeli rumah. Banyak yang terjebak kesulitan setelah menghabiskan tabungan untuk membayar uang muka atau melunasi pembelian rumah yang cukup tinggi. Saat ada kebutuhan mendesak, walhasil opsi satu-satunya cuma berutang. Bisa dipastikan, utangnya semakin membengkak karena banyak kebutuhan tak terduga setelah membeli rumah.

2. Karir yang mapan

Setelah membeli atau menyicil rumah, ada biaya bulanan yang harus dibayar. Karena itu, harus ada penghasilan yang stabil agar dapat menanggung biaya-biaya tersebut. Ini bisa dipenuhi jika seseorang memiliki karir yang mapan. Meski tak punya pengahasilan rutin, beban bulanan bisa ditutupi dipenuhi jika seseorang punya tabungan yang cukup.

3. Riset yang cukup

Karena harganya mahal dan biaya rutinnya cukup besar, Anda harus punya pertimbangan matang saat memilih rumah. Soal lokasi, lingkungan, fasilitas kesehatan dan pendidikan hingga dukungan infrastruktur harus Anda ketahui selain perkara harga dan skema cicilan. Jangan sampai menyesal setelah membeli rumah, namun tak sesuai dengan harapan.

4. Jangan takut

Anda harus menghadapi banyak kekhawatiran sebelum membeli rumah. Kemampuan finansial, kesanggupan merawat rumah, kenyamanan untuk tinggal hingga ketakutan karena tak bisa hidup nyaman di masa mendatang biasanya menghantui calon pembeli rumah. Karena itu, jika ingin membeli rumah jangan takut. Jika merasa sudah sanggup, hadapi saja.(Plasadana)