Investor Arab Beli Menara Pencakar Langit di Milan Rp 9 Triliun

Jumat, 17 Mei 2013 18:54

BERTUAHPOS, Roma – Perusahaan investasi asal Uni Emirat Arab (UEA), Qatar Holding, membeli 40% di proyek menara pencakar langit Porta Nuova yang terletak di Milan, Italia. Proyek menara ini bernilai US$ 2,6 miliar (Rp 24,7 triliun).

Dengan membeli 40% dari proyek tersebut, maka investor asal Timur Tengah itu harus menyetor dana sebanyak Rp 9 triliun. 

Pengerjaan menara ini melibatkan arsitek asal Argentina Cesar Pelli yang sebelumnya sudah membangun menara pencakar langit kantor pusat bank terbesar di Italia, UniCredit.

“Porta Nuova merupakan proyek renovasi kota yang paling prestisius seantero Eropa,” kata perusahaan properti Hines Italia dan Qatar Holding dalam keterangan tertulis yang dikutip AFP, Jumat (17/5/2013).

Baca: Properti Riau Lesu, Nilai Jual Perumahan Anjlok 35 Persen

“Tanah adalah sumber daya alam Italia yang paling penting, dan kami yakin ini bisa menjadi mesin pendorong strategis dalam pertumbuhan ekonomi,” kata CEO Hines Italia, Manfredi Catella.

“Kerjasama ini menjadi sinyal fundamental bagi perekonomian Italia dan pasar finansial dunia,” tambahnya.

Selain membeli pencakar langit, Qatar Holding juga sudah membeli resor mewah di salah satu pulau Sardinia, Italia tahun lalu. Pulau ini merupakan salah satu pusat wisata yang terindah di negeri pizza tersebut.

Pasar properti Italia sudah jatuh dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah pembelian properti sudah jatuh dan lebih rendah dari triwulan 2012 lalu. (finance.detik.com)