Bagaimana Caranya Beli Rumah Rp 250 Juta dengan Gaji Rp 7 Juta?

Rabu, 08 Januari 2014 16:11

BERTUAHPOS.COM, Jakarta – Pertanyaan pembaca Graceida: Saya perempuan 34 tahun & single, saat ini saya seorang wiraswasta (bekerjasama dengan adik saya), sudah berjalan kurang lebih 4 tahun di bidang jasa.

Saat ini kami berencana ingin membeli rumah dengan harga maksimal 250 juta, jika kami ingin melakukan pembelian secara KPR (penghasilan kami 7 juta per bulan), apa persyaratan yang kami perlukan untuk KPR? Saat ini kami masih mengontrak rumah seharga 10 juta per tahun.

Mohon informasinya untuk kami. Terimakasih, Tuhan memberkati

Jawaban:
Sebelum membeli rumah, maka ada dua hal yang perlu Anda hitung terlebih dahulu.

Baca: Tahun 2015 Pasar Properti Bakal Terjerembab?

Berapa harga rumah yang mampu saya beli? Indikatornya Anda memiliki paling tidak 20-30% dari harga beli untuk dijadikan uang muka.

Untuk membeli rumah seharga Rp. 250 juta, maka uang muka yang idealnya disiapkan adalah sebesar 75 juta, diluar uang untuk biaya provisi, notaris, pajak serta administrasi. Dengan demikian, saldo utang kredit perumahan yang akan diambil adalah 175 juta.

Berapa jumlah cicilan KPR yang mampu saya lakukan? Indikatornya Anda memiliki arus kas sebesar paling tidak 25% dari penghasilan rutin bulanan untuk minimal 5 tahun kedepan yang tidak digunakan untuk keperluan konsumsi rutin untuk hidup.

Bila kita memakai patokan tingkat suku bunga yang berlaku saat ini, yaitu sekitar 10% p.a. dan tenor pinjaman 10 tahun, maka dengan uang muka sebesar itu, Anda harus membayar cicilan sekitar 2.4 juta setiap bulan. Jumlah cicilan akan naik seiring naiknya tingkat suku bunga. Dengan penghasilan sebesar 7 juta per bulan, sebetulnya cicilan tahun awal sebesar 2.4 juta sudah terlalu besar. Anda sebetulnya hanya mampu untuk mencicil maksimal 2 juta per bulan dari penghasilan.

Mengenai persyaratan, setiap bank memiliki aturan yang berlainan. Namun, pada dasarnya harus ada agunan berupa rumah yang akan dibeli, laporan laba-rugi atas usaha Anda karena wiraswasta, dan lainnya. Selain itu, saran saya Anda bersihkan dulu rekam jejak kredit yang mungkin dimiliki saat ini. Lunasi utang kartu kredit atau pinjaman lain bila ada, agar rapor kredit Anda baik. Sebelum memutuskan mengambil pinjaman, bandingkan ilustrasi pinjaman dari setidaknya 3 bank. Jangan ragu juga untuk negosiasi penurunan suku bunga serta biaya, dan carilah pinjaman dengan durasi suku bunga tetap yang terlama. Live a Beautiful Life!(detik.com)
Â