UMKM Bengkalis, Raih Pundi-pundi Uang dari Koran Bekas

Sabtu, 12 Maret 2016 19:08

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bengkalis mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Bengkalis.

Butet pemilik stand yang menjual khusus oleh-oleh khas Bengkalis mengatakan kepada bertauhpos.com, usaha ini sudah lama dijalaninya. “Sudah lama kita menjual oleh-oleh khas Bengkalis, yang menjual berbagai macam-macam souvenir dan hasil kerajinan tangan dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi,” katanya, Sabtu (12/03/2016).

Barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi misalnya koran bekas. Meski seolah tidak dapat dimanfaatkan lagi, ternyata koran masih bisa disulap bernilai ekonomis. “Dan bisa kita jual dengan harga yang lebih mahal,” kata Butet.

Dan Butet bersyukur usahanya ini mendapat dukungan dari pemerintah. “Alhamdulillah mendapat dukungan posistif dari pemerintah. Seperti mempromosikan hasil-hasil dari kerajinan tangan ini ke iven-iven besar,” katanya. Selain itu Butet kerap diikut sertakan dalam pameran-pameran guna mempromosikan produk-produk olahannya.

Baca: Jahe Hantu, dari Tugas Kuliah Jadi Bisnis Baru

Berbagai macam jenis kerajinan yagn ditawarkan. Seperti macam jenis bunga yang terbuat dari kertas koran, kaos, dan berbagai macam kain tenun, tudung saji, tempat bunga rampai, kotak tisu. “Masih banyak lagi yang bisa kita buat dari kertas koran. Dan bisa ditawarkan kepada wisatawan-wisatawan,” sebutnya.

Salah satu produk unggulan dari stan ini bahannya terbuat dari kertas koran, tempurung kelapa, yang bisa dijadikan asbak rokok yang unik. “Mudah-mudahan usaha kami semakin lancar dan bisa merekrut banyak karyawan dan membantu mengurangi pengangguran, meski baru kecil-kecilan,” katanya.

Jika dilihat dari bahan yang digunakan, usaha yang memanfaatkan barang tak berguna sangat bagus dan memberikan dampak positif. Setidaknya itu yang dirasakan Butet, dengan mengkreasikan koran bekas jadi produk bernilai ekonomis yang tinggi bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Bagi para wisatawan dari luar Bengkalis bisa datang langsung ke stand oleh-oleh Bengkalis di Jalan Sudirman, dekat Sungai Bengkel Bengkalis.

Penulis: Sifa