Semangat Membangun Perempuan Loteng untuk Maju, Aktif dan Produktif, Inilah Sosok Lale Prayatni?

Jumat, 30 Oktober 2020 12:16
Semangat Membangun Perempuan Loteng untuk Maju, Aktif dan Produktif, Inilah Sosok Lale Prayatni?
Lale Prayatni

BERTUAHPOS.COM, LOMBOK TENGAH — Mengangkat perempuan di Loteng berfikir maju, aktif dan produktif merupakan semangat yang menjadi mimpi besar bagi Lale Prayatni.

Semangat ini akan menjadi fokus dalam pemberdayaan perempuan di deaerahnya yang diusung oleh Pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 PAS (Prayatni-Sumun), komitmen merangkul kaum perempuan khususnya di Lombok Tengah.

Advertisement

Perempuan yang akrab disapa Lale Sileng itu sangat prihatin dengan kondisi perempuan pada umumnya yang seakan hak-hak merek untuk maju atau tampil di ruang publik menjadi sorotan utama kaum laki-laki.

“Karena hak berekspresi, hak untuk maju tampil di depan khalayak umum itu selalu dikaitkan dengan tanggung jawab bahwa perempuan itu menjadi makmum bukan imam. Namun, bukan berarti tidak boleh menjadi pemimpin bagi masyarakat, ” katanya saat ditemui di rumahnya belum lama ini.

Baca: Calon Kepala Daerah di Riau Khawatirkan Partisipasi Masyarakat Rendah di Pilkada 2020

Lebih lanjut, pihaknya juga menjelaskan bahwa di Kabupaten Lombok Tengah sangat banyak potensi yang bisa digali dan dimanfaatkan kaum perempuan. Loteng punya kekayaan budaya, tradisi dan adat istiadat sehingga jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan menumbuhkan perekonomian keluarga, bahkan masyarakat sekitar.

“Banyak kerajinan, UMKM yang bisa digeluti untuk menghidupkan perekonomian masyarakat. Misalkan seperti kerajinan tenun, kerajinan pangan, kerajinan rotan dan masih banyak kreatifitas lainnya,” Tuturnya.

Kedepannya, Lale Sileng juga komitmen untuk memberikan pelatihan dan binaan kepada kaum perempuan sesuai minat dan bakatnya. Tujuannya supaya bisa menghasilkan pendapatan sendiri dan tidak selalu bergantung kepada suami.

“Perempuan di bumi tatas tuhu trasna ini harus lebih produktif dan aktif. Supaya tidak hanya bisa melahirkan generasi saja melainkan akan lebih bagus mampu berdiri sendiri, mandiri dan berpikir maju untuk menghidupi anak dan keluarga, ” ungkapnya.

Dia berharap, di Pilbub Loteng yang akan dilaksakan pada Desember mendatang, mampu menghasilkan pemimpin yang jujur, amanah serta bertanggung jawab.

“Siapapun yang terpilih nanti, mari kita bertarung secara sehat. Kalah menang sudah menjadi ketentuan Tuhan, sehingga apapun yang terjadi kita ‘PAS’ tetap ikhtiar semaksimal mungkin untuk mewujudkan Loteng yang ‘Menah Tandur’,” Tutupnya.

Siapa Lale Prayatni?

Lale Prayatni, atau yang biasa akrab di sapa Lale Sileng ini lahir di Ubung 15 agustus 1965. Dia adalah cucu dari Bupati pertama Kabupaten Lombok Tengah Lalu Srinate Wiresaid.

Dia merupakan putri seorang politikus senior Lale Suryatni atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lale Koning — berkarir di tingkat DPD Loteng, DPRD dan DPR RI.

Lele Sileng tentunya bakal menjadi idaman masyarakat Kabupaten Lombok Tengah. Harapan meneruskan pembangunan di kabupaten Lombok tengah tentu saja tertumpu padanya.

Perjalanan karirnya dimulai dari seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lombok Barat dan jabatan terakhir sebagai Asisten II bagian Ekonomi & Pembangunan Kabupaten Lombok Barat. 

Di momentum Pilkada 2020 kali ini, menjadi kesempatan bagi dirinya untuk mengabdikan diri membangun Kabupaten Lombok Tengah sekaligus membangun Tatas Tuhu Trasna untuk 5 tahun kedepan.

Dukungan yang terus datang dari masyarakat dan semua kalangan menjadikan dirinya optimis untuk menang dalam pertarungan Pilkada nanti. (bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 04 Desember 2020 11:35

900 Tempat Tidur Masih Tersedia di Ruang Isolasi Pemerintah

#ruangisolasi #kapasitastempattidur #pasiencovid #corona

Jumat, 04 Desember 2020 11:15

Proyeksi Nasib Harga CPO di Awal 2021, Adakah Kabar Gembira?

#hargasawit hargacpo #cpo2021 #sawit2021

Jumat, 04 Desember 2020 10:30

Siapkan Kompetensi Anda, PT Riau Petroleum Segera Buka Pendaftaran Calon Direksi dan Komisaris

#direksi #riaupetroleum #bumd #komisaris

Jumat, 04 Desember 2020 10:17

Begini Nasib Anggota Polisi yang Ancam Penggal Kepala Habib Rizieq

#hbs #rizieq #habibrizieq #polisi #penggal

Jumat, 04 Desember 2020 09:30

Pemprov dan Pemda Riau Didesak Segera Daftarkan Aset dan Tanah ke BPN

#aset #tanah #pemprov #riau #bpn

Jumat, 04 Desember 2020 09:03

Kapolda Riau Tegaskan Jajarannya Harus Netral

#PILKADA

Jumat, 04 Desember 2020 08:01

Saat Konflik Aceh Berakhir, Korban 15 Ribu Jiwa

#ACEH