Poros Partai Islam Akan Membelah Politik Identitas di Pilpres 2024

Sabtu, 08 Mei 2021 11:48
Poros Partai Islam Akan Membelah Politik Identitas di Pilpres 2024
Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta.

BERTUAHPOS.COM — Peran poros partai Islam pada Pilpres 2024 diyakini akan memperlebar pembelahan atau polarisasi politik identitas masyarakat setelah Pilpres 2019 lalu.

Pandangan ini diungkapkan oleh Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta. Dia sendiri menolak adanya koalisi poros partai Islam, sebab menurutnya, ada persoalan yang jauh lebih signifikan daripada sekadar ide itu.

Advertisement

“Ide ini menurut saya hanya akan memperdalam pembelahan yang sedang terjadi di masyarakat,” ujarnya.

Anis melihat saat ini sedang dalam krisis sistemik yang terjadi secara global dan nasional. Krisis ini mengakibatkan keterbelahan di masyarakat. Elite politik dari kelompok Islam (kanan), tengah maupun kiri sedang bingung menghadapi krisis ini.

Baca: Soal Pergantian Pimpinan DPRD, Hardianto: Kita Menunggu SK Kemendagri

BACA JUGA:  KPU RI Perkirakan Pilpres 2024 Bulan Maret: Agar Presiden Terpilih Bisa Bahas APBN 2025

 

Saksikan Juga:

Dia menambahkan, politik Indonesia saat ini tengah mengalami krisis sistemik dan krisis leadership, dan kebingungan ini ada pada kelompok partai Islam.

Baginya, pembentukan poros Islam bukan sebuah solusi masalah ini karena bukan menyatukan tetapi justru akan membuat kelompok-kelompok kecil di masyarakat.

“Justru cara kita merespon dengan pembentukan poros Islam membuat kita masuk konfrontasi yang merusak rumah besar bangunan Indonesia,” kata Anis dikutip dari Antara. (bpc2)

Saksikan Juga: