Hindari! 5 Kesalahan Terburuk Dalam Mengolah UKM

Senin, 07 April 2014 16:30
Bertuahpos.com – kita Takkan Bisa Berlari, Dari Kenyataan, Bahwa Kita Manusia, Tempatnya Salah Dan Lupa, adalah penggalan lirik dari lagu Cintailah Cinta milik band Dewa 19. Kalimat tersebut  seolah memahami keterbatasan manusia sebagai makhluk yang kerap berbuat kesalahan. Termasuk dalam urusan bisnis.

Namun dalam mengolah usaha khususnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM), berbuat kesalahan yang sama terus menerus dapat berakibat pada pengeluaran yang semakin membesar, merugi hingga masa depan perusahaan yang terancam bangkrut. Oleh karena itu mari kita dalami 5 kesalahan terburuk yang kerap dilakukan dalam mengolah usaha dilansir dari News.com.au, agar kesalahan serupa tidak terulang kembali.

1.       Tidak Menetapkan Harga Dengan Layak

Banyak pemilik UKM tidak memiliki kepercayan diri dalam menetapkan harga yang pantas atas produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Pemilik usaha kecil beranggapan bahwa harga haruslah terlihat wajar dan pantas untuk menarik konsumen.  Padahal mereka layak mendapatkan harga yang layak dan setimpal atas kelebihan kualitas, layanan dan keahlian yang dimiliki. Sedikitnya pemasukan dari harga yang rendah membuat UKM tidak mampu membiayai pengeluaran yang diperlukan, sehingga bisnis Anda tidak akan bertahan lama.

Baca: Reni Raup Puluhan Juta Rupiah dari Jualan Bunga Kertas

2.       Tidak Memahami Keuangan

Andrew Griffiths seorang penasihat bisnis mengatakan seorang pebisnis yang sukses adalah mengetahui keadaan keuangan perusahaan yang dimilikinya setiap saat. Pengusaha harus mengetahui berapa kebutuhan biaya produksi sehari-hari, berapa uatang yang mereka miliki dan berapa banyak pihak lain yang berutang kepada perusahaan. Hal tersebut bisa didapatkan dengan memiliki pembukuan keuangan yang baik atau memiliki seorang akuntan yang proaktif. Sayangnya banyak usaha kecil yang mengabaikan hal penting ini, sehingga menjadi suatu masalah yang membahayakan kelangsungan perusahaan.

3.       Kehilangan Fokus Terhadap Pelanggan

Pelanggan adalah pihak yang harus terus menerus menjadi prioritas Anda dalam bisnis apapun. Tidak hanya diawal usaha, ketika Anda begitu menaruh perhatian yang tinggi pada pelanggan namun seiring waktu perhatian tersebut semakin berkurang. Jaga kualitas pelayanan kepada pelanggan tetap berkualitas tinggi.

4.       Tidak Memerhatikan Penampilan

Kelelahan kerap dialami para pengusaha ketika memulai membangun usaha yang dimiliki, sehingga penampilan menjadi terabaikan. Padahal pemilik mencerminkan bisnis yang mereka wakili, mereka akan bertemu dengan banyak klien. Maka perhatikan penampilan dengan lebih baik, luangkan waktu untuk makan, berolahraga dan istirahat.

5.       Strategi Pemasaran yang Terabaikan

Sistem dan strategi yang baik diperlukan untuk menawarkan produk atau jasa usaha Anda secara luas. Kesalahan yang sering dilakukan adalah pengusaha sering mengabaikannya ketika mereka dilanda kesibukan yang luar biasa. Padahal sesungguhnya pemasaran adalah sebuah investasi bisnis Anda dimasa mendatang.(wanna)