Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-19 Batal, PSSI: Bukan Akhir Bagi Pemain Timnas

Minggu, 17 Januari 2021 15:01
Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-19 Batal, PSSI: Bukan Akhir Bagi Pemain Timnas

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan pembatalan Piala Dunia U-20, serta Piala Asia U-16 dan U-19 bukanlah akhir bagi para pemain timnas saat ini.

Dikatakan Iriawan, para pemain timnas saat ini bisa naik level ke kelompok umur berikutnya, dan mengikuti bisa mengikuti kompetisi berikutnya.

Advertisement

“Pembatalan sejumlah ajang tersebut bukan akhir bagi pemain Timnas U-19 dan Timnas U-16. Karena mereka bisa juga akan naik level ke kelompok umur selanjutnya. Untuk itu pemain harus selalu kerja keras, disiplin, dan selalu memberikan hasil yang maksimal,” kata Iriawan di laman resmi PSSI.

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong juga meminta pemain timnas, khususnya U-19 tak patah semangat karena batalnya Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-19.

BACA JUGA:  Latih Timnas Indonesia, Level akan Shin Tae-Naik Tajam

Baca: Piala Asia U-19 Diundur, Shin Tae-yong Ubah Program Latihan Timnas

Dikatakan Tae-yong, para pemain selama ini sudah berlatih dengan keras, dan menunjukkan semangat, serta memiliki perkembangan yang baik. Sayangnya, dua kompetisi akbar yang harus mereka ikuti batal dan diundur ke 2021.

“Kepada pemain kami harap tetap semangat, bekerja keras dan terus berikan hasil yang maksimal saat latihan maupun bertanding. Karena karier mereka masih panjang dan banyak turnamen atau kompetisi yang akan diikuti,” pesan Tae-yong.

Sebelumnya, Komite Konfederasi Sepak Bola Asia (Asian Football Confederation – AFC) secara resmi telah membatalkan Piala Asia U-16 dan U-19.

Surat pemberitahuan pembatalan ini diterima oleh PSSI pada Kamis, 15 Januari 2021 kemarin.

BACA JUGA:  Pandang Positif Penundaan Piala Asia U-16, Bima Sakti: Persiapan Lebih Panjang

Alasan pembatalan Piala Asia U-16 dan U-19 ini juga sama dengan pembatalan Piala Dunia U-20, yakni pandemi COVID-19.

AFC kemudian memutuskan untuk menjadwalkan ulang Piala Asia U-16 dan U-19 ke tahun 2023. Tuan rumah masih sama, yakni Bahrain untuk Piala Asia U-16, dan Uzbekistan untuk Piala Asia U-19. (bpc4)