Catatan Sejarah 9 Februari: Permainan Bola Voli Tercipta

Minggu, 09 Februari 2020 08:24
Catatan Sejarah 9 Februari: Permainan Bola Voli Tercipta

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Saat ini, permainan bola voli cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Bola voli bisa dimainkan semua kalangan, baik tua maupun muda, di dalam ataupun di luar ruangan.

Bola voli diciptakan oleh pelatih fisik asal Amerika Serikat, William G. Morgan pada tahun 1895. Tidak jelas tangga pasti penciptaan olahraga ini, namun menurut wikipedia, olahraga ini tercipta pada 9 Februari.

Advertisement

Morgan menciptkan bola voli setelah bertemu pencipta olahraga bola basket, James Naismith. Morgan terinpirasi menciptakan bola voli agar bisa dimainkan orang-orang yang lebih tua, karena tak perlu banyak gerak seperti bola basket.

Awalnya, bola voli dinamakan Mintonette, yang terinspirasi dari badminton. Mintonette diciptakan dari gabungan berbagai olahraga, seperti bola basket, baseball, tenis, dan juga bola tangan (handball).

Baca: Siap-siap, Ini Jadwal Bursa Transfer Liga Top Eropa

Bola voli ciptaan Morgan ternyata sangat diminati, dan terus menyebar ke seluruh dunia. Pada tahun 1947, Fédération Internationale de Volleyball (FIVB) berdiri sebagai induk dari olahraga bola voli dan voli pantai. (bpc2)