Berikut Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pandemi Corona

Jumat, 25 September 2020 04:25
Berikut Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pandemi Corona

BERTUAHPOS.COM — Anda, dan kita semua masih harus tetap berada di rumah akibat wabah corona yang belum juga mereda. Pandemi ini perkirakan akan berlangsung lama. Hingga kini belum ada sebuah kepastian kapan wabah ini akan berakhir.

Covid-19 memang mengharuskan semua orang untuk selalu berada di rumah. Selain terhindar dari paparan virus, berdiam diri di rumah dengan patuh pada protokol kesehatan diyakini mampu memutus mata rantai penyebaran virus.

Advertisement

Tapi, jangan mati akal walau kita selalu harus berdiam diri di Rumah. Ada banyak hal-hal bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan. Salah satunya berolahraga.

Berolahraga diyakini menjadi salah satu aktivitas untuk kebugaran, dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai virus dan bakteri. 

Baca: Orang Dekat: Messi Sangat Ingin Tinggalkan Barcelona

Tubuh yang bugar tentunya memiliki imun yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Nah, berikut ini ada beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah saat pendemi:

Yoga

Yoga merupakan salah satu pilihan olahraga terbaik yang bisa dilakukan di rumah. Tapi ingat, tidak perlu melakukan gerakan yang terlalu rumit demi menghindari risiko cedera karena tidak ada pembimbing yang mengawasi.

Cukup lakukan beberapa gerakan dasar yang simpel atau yang memang sudah pernah dipelajari. Melakukan yoga sederhana juga dapat menjadi solusi untuk tetap sehat. Kamu bisa mencoba beberapa gerakan yoga sederhana seperti tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Selain baik untuk kesehatan fisik, yoga juga bagus untuk menjaga kesehatan mental. Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari yoga adalah menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan kualitas pernapasan, hingga mencegah stres serta meningkatkan perasaan damai dalam pikiran yang mungkin sedang tertekan.

Jogging

Olahraga jogging tidak selalu harus dilakukan sambil mengelilingi kompleks atau jogging track di taman-taman publik. Lagi pula, di masa darurat pandemi seperti sekarang melakukan jogging di tempat terbuka terlalu berisiko.

Solusinya, kita bisa memanfaatkan area pekarangan di sekitar rumah untuk berlari-lari kecil dalam beberapa set atau putaran, atau jika terdapat mesin treadmill di rumah, kamu bisa menggunakannya.

Aerobik

Olahraga seperti aerobik atau zumba memang terasa menyenangkan kalau dilakukan secara beramai-ramai saat berada di tempat latihan. Tapi, bukan berarti olahraga ini tidak bisa dilakukan di rumah juga, apalagi selama melakukan karantina mandiri. Ya, kamu tetap dapat melakukannya, dengan bantuan alat-alat sederhana seperti perangkat audio dan gadget untuk memutar lagu.

Agar tetap menyenangkan dan bersemangat, putar lagu sambil mengikuti panduan aerobik melalui layar televisi atau gawai, untuk membuat suasana yang mirip dengan di tempat latihan. Lakukan aktivitas ini kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kardio

Olahraga Kardio sudah sejak lama dikenal efektif untuk menurunkan dan menjaga berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga melindungi kesehatan jantung.

Salah satu kelebihan dari olahraga ini adalah bisa dilakukan di mana saja, bahkan tanpa peralatan. Beberapa jenis gerakan kardio yang bisa kamu coba adalah high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakkan otot utama pada bagian paha dan betis dengan kecepatan tertentu.

Kalau ingin menggerakkan seluruh otot tubuh, kamu bisa coba kombinasi Burpees. Burpees sendiri terdiri dari gerakan squat, menendang kedua kaki ke belakang atau kick feet back, push-up, kembali melakukan squat, dan terakhir berdiri sambil melompat.

Lompat Tali

Lompat tali bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin berolahraga dengan gerakan mudah dan simpel. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di mana saja, asalkan terdapat ruang yang cukup untuk mengayunkan tali sambil melompat. 

Berdirilah di area kosong seluas 2×2 meter untuk melakukan lompat tali.

Olahraga ini tetap bisa membuat kamu berkeringat dan melatih otot. Tapi sebelumnya, lakukan peregangan dengan benar sebelum melakukan lompat tali agar tidak terkilir selama berlatih. Lakukan latihan ini selama 15 sampai 20 menit setiap hari.

Menari

Kalau kamu bosan dengan olahraga-olahraga seperti jogging, kalistenik, atau olahraga lainnya, kenapa tidak coba menari saja? Cukup putar musik favorit kamu sebagai lagu pengiring, dan lakukan beberapa gerakan sederhana yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak.

Menari bisa melatih fleksibilitas tubuh sambil membakar kalori. Terlebih, aktivitas ini bisa menjadi solusi untuk meredakan stres selama karantina mandiri di rumah.

Itulah beberapa pilihan olahraga selama social distancing yang bisa kamu lakukan di rumah. Tapi jangan lupa, masih ada sejuta informasi dan tips lain yang tidak kalah menarik untuk disimak. Satu-satunya partner shopping terbaikmu untuk pengalaman belanja menguntungkan! (mg6)

Berita Terkini

Rabu, 28 Oktober 2020 18:10

STISIP Persada Bunda Jalani Asesmen Lapangan oleh BAN PT Secara Daring

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisip)…

Rabu, 28 Oktober 2020 14:46

Menghentikan Ancaman Hidrometeorologi, Cabut Izin Korporasi Perusak Hutan

#hutan #Hidrometeorologi

Rabu, 28 Oktober 2020 14:22

UMP Riau Sudah Ditetapkan

#ump #upah

Rabu, 28 Oktober 2020 14:13

Sri Mulyani: Pemda Akan Disuntik Insentif

#srimulyani #keuangan

Rabu, 28 Oktober 2020 14:01

Hati-hati Munafik Beribadah Kepada Allah

ISLAMPEDIA