Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang V Dibuka Akhir Pekan Ini

Kamis, 13 Agustus 2020 05:30
Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang V Dibuka Akhir Pekan Ini
Kartu pra kerja – Foto: Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM — Pemerintah sudah menetapkan pada Sabtu akhir pekan ini, 15 Agustus 2020, pendaftaran kartu pra kerja gelombang V dibuka.

“Pendaftaran gelombang V akan dibuka pada Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB,” ungkap Head of Communications PMO Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam keterangan resminya.

Advertisement

Dia mengatakan masyarakat yang belum lolos di gelombang IV bisa ikut mendaftar kembali pada Sabtu nanti. Artinya, kesempatan untuk mendapatkan fasilitas bantuan dari pemerintah masih masih ada kesempatan.

Sementara untuk pendaftaran gelombang IV akan ditutup tadi malam pada pukul 24.00 WIB. Sejauh ini, sudah 1,2 juta orang mendaftar Program Kartu Prakerja gelombang IV. Jumlah itu melebihi kuota yang ditetapkan, yakni 800 ribu orang.

Baca: Istana Jawab Influencer Rp90 Miliar: Anggaran Kehumasan

Diketahui, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp20 triliun untuk program kartu prakerja. Dana itu digunakan untuk biaya pelatihan sebesar Rp5,6 triliun, dana insentif sebesar Rp13,45 triliun, dana survei Rp840 miliar, PMO Rp100 juta.

Nantinya, setiap peserta yang mengikuti program kartu prakerja akan mendapatkan total insentif bantuan pelatihan sebesar Rp3,55 juta. Dana itu terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali. (bpc2)