Mallaby Bukan Jenderal Inggris Satu-satunya yang Tewas di Surabaya

Selasa, 10 November 2020 10:02
Mallaby Bukan Jenderal Inggris Satu-satunya yang Tewas di Surabaya

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Brigader Jenderal (Brigjen) Aubertin Walter Shotern Mallaby bukanlah jenderal satu-satunya yang tewas dalam pertempuran Surabaya. Ada jenderal lain yang juga tewas, namanya Brigjen Robert Guy Loder Symonds.

Namun, tewasnya Symonds menimbulkan kontroversi. Dikutip dari Historia, Symonsd tewas setelah pesawat Mosquito milik Royal Air Force (RAF) yang ditumpanginya jatuh pada Sabtu, 10 November 1945.

Advertisement

Menurut pihak pasukan Indonesia, mereka yang telah menembak Mosquito tersebut hingga jatuh. Dibawah pimpinan Letnan Kolonel Moekajat, pasukan ini menggunakan senjata anti pesawat Bofors 40.

Hanya saja, Inggris membantah jika jenderalnya tewas karena tembakan senjata anti pesawat pasukan Indonesia. Inggris menyebutkan kematian Brigjen Robert Guy Loder Symonds disebabkan kecelakaan saat pesawat tersebut lepas landas pukul 09.50 di Bandara Morokrembangan.

BACA JUGA:  Inggris Izinkan Kompetisi Olahraga Dimulai Juni

Baca: ‘Tak Niat’ Cetak Gol, City Dipermalukan MU 0-1

“Pesawat yang ditumpangi Brigadir Jenderal Symonds langsung terbakar dan menyebabkan Symonds tewas,” ujar Panglima Tentara Inggris di Jawa Timur, Mayor Jenderal E.C. Mansergh. (bpc4)