Larang Mudik, Satgas Covid-19: Virusnya Dibawa Manusia

Minggu, 09 Mei 2021 17:32
Larang Mudik, Satgas Covid-19: Virusnya Dibawa Manusia
Kepala BNPB Doni Monardo

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bukan tanpa alasan pemerintah melarang warga untuk mudik di lebaran Idulfitri 1442 H ini.

Menurut Doni, virus penyebab Covid-19 diantarkan dan dibawa oleh manusia. Jika banyak warga yang mudik, dikhawatirkan penularan virus ini semakin luas dan besar.

Advertisement

“Karena Covid-19 ini diantar dan dibawa oleh manusia bukan oleh hewan atau binatang seperti jenis penyakit lainnya,” kata Doni, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu 9 Mei 2021.

Ditambahkan Doni, karena mobilitas dan aktivitas mudik, seseorang bisa tertular selama perjalanan. Karena itu, meski sudah mengantongi hasil negatif rapid tes, antigen, atau swab, bisa saja dia sudah membawa virus penyebab Covid-19.

BACA JUGA:  Tiga WNI Positif Terinfeksi Corona di Jepang

Baca: Fadli Zon: Saya Belum Terima Naskah RUU Omnibus Law

“Kalau yang mudik meski membawa dokumen hasil negatif Covid-19, namun mereka dapat tertular dalam perjalanan,” tambah dia.

Apabila sudah tertular di perjalanan, maka tidak menutup kemungkinan akan menularkannya ke orang di kampung halaman.

Apalagi, jika di kampung bertemu dengan orang yang rentan, seperti lansia, anak-anak, dan orang dengan penyakit bawaan. (bpc4)