Kata Jokowi, Vaksin Merah Putih Bisa Diproduksi Pertengahan 2021

Selasa, 01 September 2020 16:31
Kata Jokowi, Vaksin Merah Putih Bisa Diproduksi Pertengahan 2021
Ilustrasi / Bertuahpos

BERTUAHPOS.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Vaksin Merah Putih (Vaksin Covid-19) baru bisa diproduksi di pertengahan 2021 mendatangan. Kata Jokowi vaksin ini sengaja diberi nama ‘Merah Putih’ sebagai identitas produk bangsa. 

Vaksin ini dikembangkan oleh konsorsium nasional yang melibatkan Lembaga Biologi Molokuler Eijkman, perguruan tinggi, dan lembaga-lembaga penelitian lainnya.

Advertisement

Jokowi menyebut vaksin ini direncanakan masuk tahap uji klinis awal 2021, sebelum diproduksi secara massal. “Saat ini vaksin merput dalam tahap benih vaksin dan prosesnya sudah 30-40 persen. Dan direncanakan dapat uji klinis awal tahun depan,” ungkapnya seperti dikutip dari Merdeka.com.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa pemerintah sudau dapat komitmen penyedia 20-30 vaksin corona pada akhir 2020 nanti, dan akan diterika Indonesia dalam bentuk bahan jadi.

Baca: Faida, Bupati Jember Pertama yang Dimakzulkan

“Alhamdulillah, kita sudah dapat komitmen 20-30 juta vaksin di akhir tahun 2020. Ini sudah dalam bentuk barang jadi,” ujarnya.

Untuk itu, dia meminta kepada para gubernur untuk melakukan pengawasan agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, dan berkerumun. 

“Harus diulang-ulang terus, terutama terkait pemakaian masker. Harus disampaikan terus menerus. Ini kunci sebelum vaksin ditemukan adalah pemakaian masker,” kata Jokowi. (bpc2)