Jika Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Satgas Usulkan Mikro Lockdown

Sabtu, 22 Mei 2021 10:26
Jika Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Satgas Usulkan Mikro Lockdown
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Satgas Penanganan Covid-19 mengusulkan tindakan mikro lockdown jika kasus positif corona skala rukun tetangga atau RT terus bertambah.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan langkah itu bisa dilaksanakan oleh Posko PPKM Mikro tingkat desa atau kelurahan di daerah dangan angka kasus terkonfirmasi tinggi.

Advertisement

“Apabila terdapat lima rumah dalam satu RT positif Covid, Posko PPKM Mikro di tingkat desa dan kelurahan berinisiatif melakukan mikro lockdown sehingga tidak perlu ada larangan yang lebih besar, cukup di tingkat paling kecil, yaitu RT,” kata Doni dilansir dari Antara.

Dia menambahkan, penerapan mikro lockdown dilakukan jika terdapat penghuni pada lima rumah dalam satu RT terpapar Covid-19, seiring dengan penambahan jumlah kasus akibat arus balik Idul Fitri.

Baca: Cegah Corona di Rutan Rengat, Ini Upaya Fauzi Harahap

BACA JUGA:  Ahli Epidemiologi Riau: Orang Muda Terserang Corona Bukan Hal yang Luar Biasa

Selain penerapan strategi mikro lockdown, Doni juga meminta agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan serta karantina mandiri bagi warga yang kembali dari mudik.

“Kalau strategi ini bisa dilaksanakan dengan baik, kekhawatiran kita terhadap kenaikan kasus bisa dihindari,” kata Doni. (bpc2)