Dituding Jadi Dalang Demo UU Cipta Kerja, KAMI: Itu ‘Pola Lama’ Mencari ‘Kambing Hitam’

Rabu, 14 Oktober 2020 04:39
Dituding Jadi Dalang Demo UU Cipta Kerja, KAMI: Itu ‘Pola Lama’ Mencari ‘Kambing Hitam’
Deklarasi KAMI di Monumen Proklamasi Agustus lalu. (detikcom)

BERTUAHPOS.COM — Ketua Komite Eksekutif Koalisi Aliansi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Ahmad Yani mengatakan belum mengetahui alasan penangkapan rekan-rekannya — Syahganda dan Jumhur. Adapun penangkapan Anton, diduga karena unggahan di media sosial. Yani belum bisa memastikan isi unggahan tersebut.

Dia juga mempertanyakan adanya tindakan penangkapan sejumlah anggota KAMI oleh polisi. Dia juga secara khusus mengungkapkan kekhawatiran atas kondisi Jumhur. “Dia baru keluar dari rumah sakit setelah menjalani operasi empedu,” ungkapnya.

Advertisement

Mengutip BBC Indonesia, Yani membantah tudingan bahwa kelompoknya andil dalam kerusuhan di ujung demo penolakan Omnibus Law. Dia mempertegas bahwa KAMI adalah ‘gerakan moral dan intelektual’ menentang kekerasan.

Dia menduga, penangkapan sejumlah petinggi KAMI tidak lain adalah ‘pola lama’ dari upaya untuk mendiskreditkan gerakan kritis terhadap pemerintah.

Baca: Kick off Sensus Penduduk September 2020, BPS Riau: Ini Milik Bersama

“Ada gerakan massa, setelah itu ada (tindakan) anarkis; bukannya mengusut anarkis itu tapi malah mencari kambing (hitam), ditujukan kepada pihak-pihak seperti KAMI,” ujarnya.

Polisi menangkap sejumlah anggota Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) terkait demonstrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja pekan lalu. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol. Awi Setiono mengonfirmasi bahwa empat anggota KAMI di Medan dan empat di Jakarta telah ditangkap tim siber Bareskrim.

Penangkapan anggota KAMI, salah satu kelompok yang kritis terhadap pemerintah, terjadi di tengah polemik soal “aktor intelektual” di balik kerusuhan dalam unjuk rasa menentang omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 25 November 2020 09:32

Ingat Patuhi Protokol Kesehatan Saat Ikuti Kampanye Terbatas

#protokolkesehatan #3M #kampanye

Rabu, 25 November 2020 08:15

Calon Walikota Dumai Eko Suharjo Meninggal Dunia

#DUMAI

Rabu, 25 November 2020 05:00

Catatan Sejarah 25 November: Berdirinya PGRI

#PGRI

Selasa, 24 November 2020 15:28

Pilkada Riau 2020, Wagubri: Jangan Terpengaruh Politik Uang

#pilkada #riau #2020

Selasa, 24 November 2020 15:10

TC Timnas U-16, Bima Sakti Pertajam Fisik dan Taktik Pemain

#TIMNASU-16

Selasa, 24 November 2020 14:42

Beredar Surat dari Kemenag, Rektor UIN Suska Riau Diberhentikan

#uin #suskariau #menteriagama #akhmadmujahidin