Banyak Kritikan, Microsoft Keluarkan Windows 8.1 Update 1

Selasa, 08 April 2014 12:27

BERTUAHPOS.COMSeiring dengan banyaknya kritikan dari penggunan Windows 8.1 semenjak peluncurannya, kabarnya Microsoft akan mengeluarkan Windows 8.1 Update 1 pada 8 April ini, yang akan mengusung sejumlah fitur dan perbaikan kinerja.

Windows 8.1 Update 1 dikabarkan datang dengan peningkatan penggunaan dan fungsionalitas dari keyboard dan mouse. Start Screen pada Windows 8.1 Update 1 ini juga mengalami perubahan, yakni ketika pengguna mengklik kanan salah satu konten atau aplikasi, maka akan muncul menu resize, unpin, dan banyak lagi. Hal ini akan mempermudah pengguna untuk mengubah ukuran live tiles.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware, fitur baru lainnya dari Windows 8.1 Update 1 adalah kehadiran tombol pencarian dan tombol shutdown baru yang kini terintegrasi dengan Start Screen. Tombol shutdown baru ini juga menampilkan menu dropdown yang terdiri dari restart, shutdown, dan sleep.

Windows 8.1 Update 1 juga akan membawa pengguna kembali langsung ke Desktop seperti Windows yang terdajhulu. Hal ini memang sudah ada sejak Windows 8.1 diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2013 lalu, dimana pengguna memiliki opsi “Boot to Desktop” untuk melewati Modern UI di sistem operasi tersebut. Namun, kini Microsoft tidak lagi meminta pengguna untuk mengaktifkan opsi tersebut secara manual dan memilih untuk langsung menampilkan Desktop sebagai user interface standar.

Baca: Microsoft Jajal smartphone dual SIM di Asia

Bila keputusan ini benar-benar dijalankan oleh Microsoft di Windows 8.1 Update 1, hal ini menandakan bahwa Microsoft tampaknya mulai menyadari ketidakpuasan publik terhadap “paksaan” untuk menggunakan “Metro”. Mereka mungkin terpaksa harus mendengarkan opini publik untuk mulai mendongkrak popularitas sistem operasi andalan mereka tersebut agar bisa bersaing dengan lawan-lawannya, termasuk juga sistem operasi lawas mereka, Windows XP dan Windows 7.

Bagaimana tampilan Windows 8.1 Upadte 1? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.(bbs/smr)