Air Kelapa Hijau, Isotonik Alami untuk Tubuh

Kamis, 20 Februari 2014 11:05

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Air kelapa hijau secara turun-temurun sudah dikenal sebagai isotonik alami bagi tubuh. Itu sebabnya orang sejak jaman dahulu menggunakan air kelapa hijau untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

Selain itu, air kelapa hijau juga dipercaya memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut serta mencegah rambut beruban. Khasiat-khasiat itulah yang mendasari harga jual air kelapa hijua lebih mahal dibanding air kelapa biasa.
 
Aji, salah satu pedagang kelapa, Kamis (20/02/2014) mengaku biasa menjual kelapa hijau dengan harga Rp 15 ribu. Lebih mahal dari pada kelama muda biasa yang harganya Rp 8 ribu. Namun karena memiliki khasiat obat, masyarakat pun tetap akan membelinya.
 
Pemilik usaha di Jalan Dharma Bakti, Labuh Baru Barat juga menjelaskan, sebenarnya secara fisik agak sulit membedakan antara kelapa muda biasa dengan kelapa hijau.
 
“Untuk membedakannya agak susah. Baru kelihatan setelah dikupas. Nanti kulitnya terlihat agak kemerah-merahan,” terangnya. 
Cara meminumnya macam-macam, ada yang diminum seperti biasa. Tapi ada juga yang dicampur dengan kuning telur ayam kampung.
 
Dari berbagai sumber, air kelapa hijau merupakan minuman isotonik alami yang mengandung glukosa, sakarosa, fruktosa, sukrosa, mineral, dan asam amino. Kandungan zat kimianya berupa enzim yang mampu menetralisir racun amat baik untuk kesehatan tubuh kita, dan mempunyai kandungan elektrolit yang sama juga dengan darah kita.
 
Dalam sejarah, air kelapa pernah difungsikan pada waktu perang pasifik pada tahun 1941-1945 sebagai pengganti transfusi plasma darurat, dialirkan secara langsung dari buahnya pada para tentara yang sedang terluka. (smr)