Zat Kimia Bisa Kurangi Proses Produksi Biogas

Selasa, 22 April 2014 10:44

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Dalam pelaksanaan proyek pengolahan limbah untuk biogas,  para santri Pondok Pesantren Dar El HIkmah diminta tidak memasukkan sampah yang mengandung zat kimia ke dalam toliet. Karena zat kimia bisa mengurangi proses produksi Biogas.


“Yang membuat sesuatu kurang maksimum masih ada bahan-bahan kimia masuk ketoilet. Seperti pembersih, sampah plastik dapat mengurangi pembentukan biogas, karena tidak bisa diproduksi,”  jelas Perwakilan Kedutaan Finlandia, Indira Nurtanti, Senin (21/04/2014) kemarin.

Advertisement


Menurutnya, kotoran yang bentuknya organik kalau membusuk pasti akan terurai. Semua yang terurai akan mengemisi gas metan yang bisa digunakan untuk memasak dan listrik. Kotoran-kotoran dari santri termasuk dengan sampah organiknya diolah untuk menjadi energi.


Namun proyek ini tidak akan berjalan lancar jika para santri masih buang sampah dimana-mana.

Baca: Ketahui Tanda dan Gejala Luka Bakar dari Tingkatannya


Tolilet yang ada lingkungan pondok pesantren tidak bisa dibersihkan dengan bahan kimia walaupun hanya sedikit,  karena bahan kimia yang masuk ke dalam septi tank akan mengganggu proses produksi biogas.


“Harus pakai air saja. Gak bisa pakai pembersih cairan karena mengandung bahan kimia. Kalau toilet kotor, dibersihkan dengan cara menyikat saja,” tandasnya. (syawal)

Berita Terkini

Jumat, 14 Agustus 2020 05:25

3 Hal Urgen yang Harus Dilakukan Telkomsel Terkait Kasus Gangguan Jaringan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ada banyak pihak yang terdampak dari gangguan jaringan Telkomsel akibat terbakarnya Fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di kota Pekanbaru, pada Selasa,…

Jumat, 14 Agustus 2020 04:15

RB Leipzig Singkirkan Atletico Madrid

#CHAMPIONS

Kamis, 13 Agustus 2020 19:20

Inilah Beberapa Penyebab Rambut Rusak

#FAKTOR RAMBUT RUSAK

Kamis, 13 Agustus 2020 19:11

Yuk Kenali Faktor Penyebab Kanker Pada Anak

#CEGAH KANKER PADA ANAK