Wow, Kopi Salak Dipercaya Bisa Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Minggu, 07 Februari 2016 14:19

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Salak merupakan tanaman buah asli Indonesia. Tidak banyak orang yang tahu, bahwa biji salak memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan. Selepas konsumsi daging buahnya, pada umumnya masyarakat akan buang biji salak beserta kulit luarnya demikian saja.

Ternyata, biji salak juga bisa dibuat menjadi kopi salak. Aroma dari kopi biji salak ini sangatlah unik serta dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. “Kopi salak ini dipercaya bisa menurunkan tensi, darah tinggi, menurunkan kandungan asam urat. Bahkan katanya juga pernah bisa menyembuhkan kanker,” ungkap Atmo pedagang Angkringan Jogja kepada Bertuahpos sabtu, (06/02/2016).

Dikatakan Atmo, untuk dipekanbaru dia belum menemukan ada orang yang menjual minuman kopi salak. “Saya lihat belum ada yang jual minuman kopi salak jogja ini,” katanya.

Atmo menjual kopi salak dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp 6.000 pergelasnya. Dia mengaku,biji salak yang digunakan untuk dijadikan kopi tersebut diambil dari biji salak pondok. Selain menyuguhkan kopi salak, di angkringan Atmo yang beralamatkan jalan Jendral Sudirman tepatnya di seberang jalan SPBU sudirman, juga tersedia beraneka ragam makanan dan cemilan. Mulai dari nasi kucing yang terkenal di daerah Jogjakarta, sate kerang, sate ayam, sate kikil, sate keong, sate usus, bakso, dan aneka ragam gorengan.

Baca: Istirahat Satu Jam Sekali Tingkatkan Performa Kerja

Untuk harga dari setiap makanan yang disuguhkan juga relatif sangat murah, cocok buat ngumpul bersama teman-teman dan komunitas. “Untuk sate Ayam 2 ribu, selebihnya 3 ribu. Kalo nasi kusing 3 ribu. Gorengan seribu,” tembahnya.

Minuman tradisional seperti Wedang Uweh juga ada, tambah Atmo. Minuman ini juga dipercaya dapat menjaga stamina bagi pria dan wanita. Bukan itu saja, Atmo juga menjual kopi Joss arang.

Ternyata, biji salak selama ini kita anggap “sampah” dan hanya dibuang saja saat kita memakan buah salak terbukti banyak manfaatnya. Bisa dijadikan serbuk pengganti kopi saat anda kesulitan mendapatkan kopi. Biji salak selain memiliki manfaat dan bisa dijadikan kopi ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kolak, kolak biji salak.(Arie)