Ini Dia, Cara Membuat Kopi Salak Dan Manfaat Biji Salak

Minggu, 07 Februari 2016 14:54
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Biji salak ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan minuman jenis baru, khususnya di Riau. Seperti yang diungkapkan Atmo, pedagang angkringan Jogjakarta yang mencoba mengolah biji salak pondoh sebagai bahan baru minuman alternatif pengganti kopi.

Serbuk biji salak pondoh ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan asam urat. “Kopi salak ini dipercaya bisa menurunkan tensi, darah tinggi, menurunkan kandungan asam urat. Bahkan katanya juga pernah bisa menyembuhkan kanker,” ungkap Atmo kepada Bertuahpos, sabtu (07/02/2016) malam.

Untuk membuat serbuk kopi biji salak cukup sederhana, Atmo menjelaskan kepada bertuahpos bagaimana proses pembuatan biji salak tersebut. Untuk membuat 1 ons serbuk, dibutuhkan sedikitnya 1 kilogram biji salak. Biji salak yang sudah tua di cuci sampai bersih lalu dieringkan. Setelah dikeringkan, biji buah salak tersebut di sangrai (digoreng tanpa menggunakan minyak) sampai benar-benar matang, tetapi jangan sampai gosong. Karena Karena jadi kopi tidak pahit. Sesudah dingin, biji salak ditumbuk sampai halus. Hasil dari penumbukan tersebut disaring dan serbuk biji salak yang lembut atau sesuai keinginan pun siap dibuat untuk campuran minuman bersama gula atau dikemas.

Manfaat Biji salak pondoh yang digunakan Atmo diakui belum dibuktikan dengan penelitian laboratorium. Akan tetapi, tidak sedikit dari warga mempercayai minuman biji salak pondok dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan asam urat. “Waktu di Jogjakarta pernah ada yang merasakan,” katanya.

Baca: Penting Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Kamu Donor Darah

Dikatakan Atmo, untuk dipekanbaru dia belum menemukan ada orang yang menjual minuman kopi salak. “Saya lihat belum ada yang jual minuman kopi salak jogja ini,” katanya.

Atmo menjual kopi salak dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp 6.000 pergelasnya. Ternyata, biji salak selama ini kita anggap “sampah” dan hanya dibuang saja saat kita memakan buah salak terbukti banyak manfaatnya. Bisa dijadikan serbuk pengganti kopi saat anda kesulitan mendapatkan kopi. Biji salak selain memiliki manfaat dan bisa dijadikan kopi ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kolak, kolak biji salak.(Arie)