Trik Ampuh Cara Tidur Cepat yang Mudah dan Praktis

Selasa, 15 September 2020 21:00
Trik Ampuh Cara Tidur Cepat yang Mudah dan Praktis

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Akan tetapi, beberapa orang mengalami gangguan tidur sehingga cara cepat tidur apa pun yang dilakukan tidak akan berhasil membuat Anda memejamkan mata.

Susah tidur atau insomnia merupakan gangguan kesehatan yang harus mendapatkan penanganan yang tepat, karena jika dibiarkan berlarut-larut, waktu tidur ideal jadi tidak tercukupi dalam jangka lama dan akan mempengaruhi kesehatan.

Advertisement

Sulit tidur di malam hari memang sangat menjengkelkan. Padahal, tidur yang nyenyak adalah kunci agar bisa beraktifitas dengan tubuh yang segar dan bugar di keesokan hari.

Segudang manfaat didapat dari tidur yang berkualitas. Selain membuat Anda merasa lebih baik di keesokan harinya, membiarkan tubuh beristirahat dengan nyenyak juga membantu semua organ tubuh kembali berfungsi dengan baik.

Baca: 4 Cara Alami Mengatasi Rambut Berminyak

Kualitas tidur yang buruk hanya akan memberikan efek negatif pada organ-organ tubuh Anda, termasuk di antara memengaruhi suasana hati, berbagai fungsi biologis, dan meningkatkan risiko penyakit.

Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan kebiasaan berikut:

1. Tidur di jam yang sama setiap malam

Cobalah untuk menerapkan disiplin waktu tidur. Caranya adalah dengan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuh Anda terbiasa tidur dan bangun di jam yang sama.

2. Matikan peralatan elektronik

Mematikan semua alat-alat elektronik, seperti telepon seluler dan tablet, sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Jika Anda terbangun di tengah malam, disarankan juga untuk tidak menyalakan ponsel, karena cahaya yang dipancarkan bisa menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga membuat tidur Anda terganggu.

3. Hindari konsumsi makanan berlemak sebelum tidur

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi lemak terlalu dekat dengan waktu tidur, karena hal ini akan membuat tubuh bekerja ekstra keras untuk memecah lemak, sehingga membuat Anda lebih susah tidur.

4. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur di malam hari juga diyakini dapat membuat tubuh lebih rileks, yang akhirnya akan membantu Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

5. Konsumsi makanan berkarbohidrat

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah yang cukup beberapa jam sebelum tidur diduga dapat membuat kita terlelap lebih cepat. karena  karbohidrat mampu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat Anda lebih mudah mengantuk.

6. Melakukan latihan pernapasan

Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

Cara-cara tadi bisa lho dipraktikkan demi kualitas tidur yang lebih baik. Nggak cuma tubuhmu yang jadi lebih sehat, pikiran serta mood-mu pun akan membaik di setiap harinya. (mg2)