Tips Sehat Saat Akhir Pekan

Sabtu, 19 April 2014 09:16

BERTUAHPOS.COM, Yes! Datang liburan lagi akhir pekan. Akhir pekan selalu menjadi hari bebas tanpa ikatan keteraturan. Mulai dari waktu bangun tidur hingga jadwal makan. Semua bisa dilakukan tanpa aturan. Kebiasaan hidup teratur dan sehat pun dengan mudah dilanggar.

Padahal, akhir pekan justru kesempatan Anda untuk hidup lebih sehat karena punya banyak waktu luang. Nah berikut ini saran dari Jennipher Walters, seorang instruktur fitnes.

1 . Mulai Latihan Lagi. Di akhir  pekan Anda punya banyak waktu luang. Jadi kesempatan untuk memulai lagi kebiasaan olahraga. Anda bisa jogging di taman selama 30 menit. Atau kembali ikut program kebugaran di  gym.  Gunakan waktu akhir pekan sebagai aktivitas kebugaran yang menyehatkan sekaligus menyenangkan tanpa diburu-buru waktu.

2 . Makan Seperti Hari Biasa. Kadang saat akhir pekan jadwal makan tidak teratur dan cenderung tidak terkontrol. Cobalah makan seperti hari-hari biasa. Ini penting agar asupan yang masuk tidak berlebihan yang berakibat tak baik bagi kesehatan.

Baca: Ditahan West Ham United, Liverpool Masih Kokoh di Puncak Klasemen

3 . Tetaplah pada Jadwal Tidur. Banyak orang yang disiplin tidur saat hari kerja, tapi akan tidur malam ketika tiba akhir pekan. Mengubah pola tidur akan berakibat kurang baik. Anda akan bangun siang dan tak bisa lagi sarapan. Ketika bangun siang, rasa lapar pun langsung mendera dan biasanya makan jadi tidak terkontrol. Program menurunkan berat badan pun gagal. Tak hanya itu, kebiasaan tidur malam akan berimbas saat Minggu malam, Anda pun sulit tidur lebih awal. Akibatnya, saat bangun tidak dalam kondisi  fresh .

4 .Perbanyak Kegiatan di Luar . Karena kebanyakan saat bekerja Anda di dalam ruangan,  akhir pekan memberikan kesempatan bagus untuk kegiatan out door . Paparan sinar matahari pagi hari akan meningkatkan produksi vitamin D, udara segar juga baik bagi kesehatan.

5. Hari-hari kerja biasanya lebih akrab dengan kopi, teh, dan minuman bersoda. Nah akhir pekan jauhkan minuman di atas. Perbanyak air putuh dan jus.

6. Relaksasi. Sebagian besar orang juga memanfaatkan akhir pekan dengan beragam kegiatan sosial. Ada juga yang pergi ke suatu tempat, misalnya mengunjungi sanak keluarga. Jadi tak ada bedanya antara akhir pekan dan hari-hari bisa. Sama-sama sibuk!

Padahal Anda juga butuh relaksasi. Menekuni hobi,  nonton film, atau bermeditasi dengan tenang adalah cara yang tepat untuk menghilangkan stres akibat tekanan pekerjan. Hingga Senin pagi pun siap dengan otak yang segar.(Tabloidnova)