Tak Sengaja Memecahkan Jerawat? Ini yang Harus Dilakukan

Selasa, 17 Desember 2019 11:01
Tak Sengaja Memecahkan Jerawat? Ini yang Harus Dilakukan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Memiliki wajah bebas jerawat adalah impian setiap wanita. Namun, terkadang jerawat tetap tumbuh, dan kamu secara tak sengaja malah membuat jerawat tersebut pecah.

Jangan panik, dengan perawatan yang baik, pecahnya jerawat tidak akan membuat kerusakan pada kulit. Asalkan, penangannya tepat. Berikut Bertuahpos.com sudah merangkum dari wardahbeauty.com apa yang harus kamu lakukan saat tak senga memecahkan jerawat.

1. Bersihkan area jerawat

Keluarkan cairan putih yang ada dalam jerawat sebersih mungkin. Hal ini untuk mencegah jerawat kembali muncul di area yang sama. Setelahnya, bersihkan area sekitar jerawat yang pecah, agar tak mudah terserang bakteri.

Baca: 16 Besar New Zealand Open 2019 Dimulai Hari Ini, Berikut Nama 12 Wakil Indonesia

2. Obat luka yang terbuka

Kamu bisa mengobati luka akibat pecahan jerawat dengan obat antibiotic ointment yang banyak dijual di pasaran.

3. Kompres luka yang meradang

Jika muncul peradangan di sekitar area jerawat yang pecah, kamu bisa mengompresnya. Gunakan es batu yang dibungkus kain bersih, dan kompres selama 10-15 menit.

4. Jangan menyentuh luka

Hal ini memang agak susah dihindari, yakni menyentuh luka pecahan jerawat. Namun, untuk menghindari infeksi atau bakteri, jangan sentuh luka tersebut. Kalau perlu, tutupi luka jerawat dengan menggunakan plester kecil.

5. Kurangi makeup

Penggunaan makeup pada luka jerawat malah membuatnya mudah terkena bakteri dan infeksi. Karena itu, sebisa mungkin, kurangi dulu penggunaan makeup, sampai luka jerawatmu sembuh. (bpc2)