Pro Kontra Sistem Zonasi, DPRD Riau: Semua Sekolah Akan Jadi Favorit

Minggu, 22 April 2018 14:03

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Sekretaris Komisi V DPRD Riau, Ade Agus Hartanto meyakini sistem zonasi akan membuat semua sekolah menjari favorit.

Alasannya sederhana. Sistem zonasi mewajibkan sekolah untuk menerima murid dari lingkungan sekitarnya, apakah itu dalam radius 1 kilometer, 2 kilometer dan seterusnya sampai kuota murid baru dalam 1 sekolah tersebut terpenuhi.

“Maka, tidak ada lagi pemumpukan murid pintar di suatu sekolah. Selama ini kan tidak begitu, ada SMA yang favorit, dan semua siswa ingin masuk ke sana. Sementara di sekolah lain, kekurangan murid,” kata Sekretaris Komisi V DPRD Riau, Ade Agus Hartanto kepada bertuahpos.com, belum lama ini.

“Nah, dengan sistem zonasi ini, akan membuat semua sekolah menjadi favorit,” tambahnya.

Baca: Hadirkan Undangan Unik dan Kekinian, Hanya Disini

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan Riau, Indra Agus Lukman mengatakan sistem zonasi akan diberlakukan di Riau pada tahun ini.

Indra mengatakan ada beberapa keunggulan dari sistem zonasi ini, antaranya adalah kenyamanan siswa pergi sekolah, serta sebaran murid dan guru yang merata.

“Murid, kalau sekolahnya dekat dari rumah, pasti tak perlu motor. Guru juga demikian, karena di setiap sekolah itu jumlah murid dan jam mengajar banyak, pasti membuat sebaran guru juga merata,” kata dia. (bpc2)