Pentingnya Membaca Sejak Dini

Senin, 03 Maret 2014 07:43
Pentingnya Membaca Sejak Dini

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA Banyak ahli telah mengungkapkan, untuk menumbuhkan minat baca pada anak, dan membuat aktivitas membaca menjadi budaya positif bagi anak-anak, sejak dini mereka sebaiknya dibiasakan dekat dengan buku.

Karena, kebiasaan membaca buku dapat membuat pengetahuan anak lebih luas, juga dapat membuat kemampuan memori anak lebih baik. Dengan membaca, otak terbiasa mengingat dan merekamnya.

Salah satu cara untuk mendekatkan anak pada buku, adalah dengan mengajak mereka ke toko buku atau melihat pameran buku. Di tempat tersebut anak-anak bisa membaca dan menambah wawasan mereka.

Itulah yang dilakukan oleh Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), yang salah satu fokus programnya adalah kepedulian terhadap anak-anak yatim.

Baca: Ini Cara Alami ‘Mengusir’ Nyamuk DBD

Untuk kesekian kalinya lembaga ini menggelar acara Belanja Bareng Yatim (BBY). Kali ini mereka diajak berkunjung ke Islamic Book Fair, di Istora Senayan Jakarta.

Ivan Satria, Manajer Community Education Network (CEN) PKPU, mengatakan ada sebanyak 450 anak yatim dari wilayah Jabodetabek ikut dalam acara BBY, yang bertajuk Bantu Mereka Buka Jendela Dunia.

Sedikitnya 45 relawan kemanusiaan PKPU, bekerja sama dengan panitia Islamic Book Fair, dan beberapa penerbit buku seperti, Gema Insani Press, Al-Kautsar, Akbar Media, dan Cakrawala, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk memiliki media bacaan pribadi melalui kegiatan BBY ini.

“Membaca merupakan aktivitas yang umumnya digemari oleh anak-anak. Namun, sebagian anak memiliki kendala dalam menemukan media bacaan yang pas untuk mereka,” kata Ivan di Jakarta, Sabtu (1/3/14) sore.

Dia menuturkan kegiatan BBY ini memasuki tahun ke-5 sejak pertama kali acara ini diselenggarakan, dengan total penerima manfaat mencapai lebih dari 10.000 anak yatim se-Indonesia.(kabar24.com)