Minum Teh 4 Cangkir Sehari Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Selasa, 27 Agustus 2013 19:01
BERTUAHPOS – Hobi minum teh hitam? Kabar baik bagi Anda, karena kemungkinan mengalami kerusakan gigi bisa lebih kecil. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, rutin minum teh setiap hari bisa menyehatkan gigi dan mengurangi risiko kerusakan serta pembusukan gigi.
 
Para peneliti menemukan bahwa teh hitam bisa melawan bakteri Streptococcus dan Lactobacillus yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Menurut Dr Carrie Ruxton yang memimpin penelitian tersebut, 3-4 cangkir teh sehari merupakan ‘dosis’ yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
 
Penelitian tersebut juga menunjukkan, teh hitam bisa melawan pengeroposan dan pembusukan gigi bahkan setelah dicampur sedikit gula. Dr Ruxton mengatakan, ada bukti yang cukup kuat bahwa minum teh bisa melindungi gigi orang dewasa agar tidak copot sampai tua.
 
“Bukti menunjukkan bahwa minum teh hitam 3-4 cangkir sehari bisa membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut. Saya yakin berita ini akan disambut gembira oleh dokter gigi dan ahli kesehatan yang mengedukasi masyarakat akan pentingnya perawatan mulut dan gigi,” ujar Dr Carrie, seperti dikutip dari Daily Mail.
 
Tak hanya teh hitam, teh hijau pun memiliki efek yang sama. Selain mencegah kerusakan gigi, teh ini juga bisa mencegah bau mulut tak sedap dengan menetralisir sulfur di dalam mulut yang mengakibatkan bau mulut.
 
Ia menjelaskan, ketika bakteri di dalam mulut bereaksi dengan karbohidrat, akan memproduksi asam yang melarutkan enamel gigi. Hal itu mengakibatkan kerusakan yang membuat gigi keropos atau copot. Teh hitam dan hijau bisa mengurangi peradangan, mencegah plak melekat pada gigi serta pertumbuhan bakteri.
 
Selain itu teh mengandung antioksidan seperti flavonoid dan catechin yang memiliki efek anti-mikroba. Dr Tim Bond, juru bicara produk teh Tea Advisory Panel menyetujui hasil penelitian tersebut.
 
“Efek positif dari minum teh bisa jadi karena teh bisa mengurangi peradangan pada rongga mulut dan mencegah adhesi serta pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit gigi dan gusi,” ujarnya. 
 
Untuk gigi kuat dan sehat sampai tua, Anda bisa menjadikan teh sebagai minuman yang ideal. Namun konsumsinya jangan berlebihan. Meskipun Anda sangat menyukai minum teh, tetap batasi asupannya seperti yang dianjurkan yaitu tak lebih dari empat cangkir sehari. Teh yang Anda konsumsi sebaiknya teh seduh dalam kantong atau daun teh yang sudah dikeringkan. Bukan teh dalam botol atau kemasan lain yang sudah berkurang kandungan antioksidannya. Imbangi juga dengan cukup minum air putih.(wolipop.com)