Manfaat Teh yang Tak Terduga

Rabu, 05 Maret 2014 08:00
Manfaat Teh yang Tak Terduga

BERTUAHPOS.COM  – Selama ini, kopi sering disebut-sebut sebagai minuman yang punya banyak manfaat kesehatan. Tetapi bagaimana kalau kita kurang suka kopi? Jangan khawatir, teh ternyata juga menyimpan berbagai manfaat tak terduga.

Menurut 12 studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition  edisi Desember, mengonsumsi teh setiap hari dapat meningkatan penurunan berat badan, kesehatan tulang, konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, bahkan meningkatkan suasana hati Anda.

“Meskipun kami bangsa peminum kopi, teh adalah minuman tertua di dunia dan mempunyai sifat kesehatan yang tak diragukan lagi,” papar Julie Upton, MS, RD, CSSD, pakar diet terdaftar dan sumber daya media tentang Academy of Nutrition and Dietetics. Untuk mendapatkan manfaat teh, Setidaknya Anda harus membiasakan minum teh 3 sampai 5 kali per hari, tentunya tanpa campuran gula, susu, atau krimer.

Ada pun manfaat dari teh antara lain:

Baca: Pemantau Udara Depan Kantor Walikota Pekanbaru Tertulis Berbahaya, DLHK Akui Alat Tersebut Rusak

Meningkatkan produktivitas
Minum dua sampai tiga cangkir teh hitam atau teh hijau selama 90 menit akan meningkatkan kewaspadaan, perhatian, dan fokus, serta membantu Anda bekerja dengan lebih baik. “Salah satu alasannya mungkin karena kombinasi dari asam amino yang disebut L-theanine dan kafein merangsang produksi gelombang otak alpha, memberikan Anda lonjakan energi, tanpa disertai perasaan gelisah,” kata Upton.

Memicu rasa bahagia
Teh hitam dan teh hijau mungkin tidak termasuk dalam daftar yang membuat Anda tersenyum, seperti ketika mendapat pujian dari atasan, atau membaca sebuah buku bagus. Namun teh sebenarnya punya kemampuan itu. Kandungan L-theanine membantu menghasilkan hormon dopamin dan serotonin yang memberikan perasaan baik. “Ada juga sesuatu yang menggembirakan ketika Anda mampu mengantisipasi ritual yang menyenangkan setiap hari,” kata Upton.

Membantu menurunkan berat badan
Yang boleh Anda percayai, peminum teh hijau ternyata memiliki indeks massa tubuh (BMI), rasio pinggang-pinggul, dan lemak tubuh lebih rendah daripada mereka yang tidak suka minum teh. Senyawa yang disebut polifenol bertindak meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, dan antioksidannya yang disebut katekin memberi lonjakan basal tingkat metabolisme istirahat seseorang (proses pembakaran kalori ketika kita, misalnya, menonton film atau mengetik di komputer) selama periode 24-jam.

Teh hijau memang bukan metode ajaib penurunan berat badan, namun rata-rata orang akan membakar 100 kalori lebih banyak ketika melakukan aktivitas sepanjang hari hanya dengan meminumnya,” kata Upton. Bahkan, penelitian tentang suplemen katekin teh hijau telah menemukan bahwa orang akan menurunkan sekitar 3 kg dalam 12 minggu tanpa mengubah pola makan atau berolahraga.

Membangun tulang
Mengonsumsi susu sudah lama diketahui sebagai salah satu cara untuk mencegah osteoporosis, tetapi teh hijau ternyata punya manfaat yang sama. “Kandungan polifenolnya meningkatkan produksi sel-sel pembangun tulang untuk orang dari segala usia, dan antioksidannya yang disebut flavanols membantu memperlambat keropos tulang pada wanita menopause,” kata Upton. Meskipun para ilmuwan belum yakin alasan ilmiahnya, peminum teh cenderung punya tubuh yang lebih kencang dibandingkan mereka yang tidak meminum teh.

Membantu menyehatkan jantung
Burger yang berlemak ditemani kentang goreng yang gurih memang menggiurkan. Tetapi keduanya akan menjadi kombinasi yang buruk di dalam tubuh Anda. Nah, mengakhiri sesi makan dengan secangkir teh hitam ternyata dapat melawan efek makanan berlemak pada tekanan darah dan pembuluh arteri. “Efeknya cukup cepat,” kata Upton. “Teh hitam mengendurkan pembuluh darah, membantu darah mengalir lebih bebas, dan menurunkan tekanan darah.”(tabloidnova.com)minu

Berita Terkini

Senin, 06 Juli 2020 15:48

JKC : Menjajal Mulusnya Jalan Tol Pekanbaru – Dumai dengan Bersepeda

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Belasan pesepeda yang tergabung dalam komunitas Jatim Kenthir Community (JKC) mencoba mulusnya Jalan Pekanbaru – Dumai dengan bersepeda, Minggu, 05 Juli…

Senin, 06 Juli 2020 15:18

Sudah 1,2 Ribu Hektar Lebih Lahan di Riau Terbakar

#LINGKUNGAN

Senin, 06 Juli 2020 14:03

12 Polisi Pertama di Australia Adalah Kriminal

#AUSTRALIA

Senin, 06 Juli 2020 12:33

Mengapa Ustman Bin Affan RA Membakar Mushaf Al-Quran?

#ISLAMPEDIA