Lengket dengan Stigma Pemalas, Padahal Ini Manfaat Tidur Siang

Jumat, 06 Desember 2019 13:30
Lengket dengan Stigma Pemalas, Padahal Ini Manfaat Tidur Siang

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Setelah makan siang sering kali kita dibikin mengantuk. Banyak orang berpersepsi bahwa tidur siang itu identik dengan orang pemalas.

Manfaat tidur siang mampu merelaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan. Tidur di siang hari dapat menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat berbagai kegiatan.

Tidak banyak yang tahu bahwa tidur siang bisa meningkatkan kecerdasan dan daya ingat pada otak, hal ini sangat baik bagi orang lanjut usia (lansia). Semakin meningkatnya umur, biasanya daya ingat mereka cenderung menurun.

Bagi anak-anak, tidur siang dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat sesuatu. Hal ini penting bagi anak-anak, karena mereka belajar dan mungkin menghapal setiap pelajaran yang didapatkan selama di sekolah.

Baca: Jangan Tunda Meminta Ampunan Allah atas Dosa yang Diperbuat

Sebuah penelitian dari Universitas Delaware dan Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat menyatakan manfaat tidur siang dapat meningkatkan kepintaran seseorang.

Salah satu contohnya di China. Warga China sangat menghargai waktu tidur siang. Di Negeri Tirai Bambu, tidur pada siang hari menjadi salah satu gaya hidup sehat.

Bahkan, menariknya kegiatan ini masuk dalam jam sekolah. Seperti dilansir New York Times, Para guru memberikan rentang jam istirahat di siang hari untuk siswanya tidur sejenak. (bpc3)