Ketahui Tanda dan Gejala Luka Bakar dari Tingkatannya

Rabu, 09 Maret 2016 11:24

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Salah satu luka yang sering terjadi saat ini diantaranya yaitu luka bakar. Tidak sedikit yang mengalami luka bakar ini dengan berbagai penyebab.

Diketahui, luka bakar yaitu luka yang terjadi akibat sentuhan permukaan kulit dengan benda-benda yang menghasilkan panas atau zat yang sifatnya membakar. Dan dapat kita ketahui pula dari struktur kulit yang berfungsi untuk pelindung tubuh paling luar, menjaga suhu tubuh, membentuk vitamin D dan menyimpan lemak.

Namun, ketahuilah tanda dan gejala saat luka bakar terserang di bagian tubuh kita. Melani selaku supervisor CNI Pekanbaru akan menjelaskan beberapa tingkatan untuk mengetahui tanda dan gejala luka bakar yang terjadi di tubuh kita.

“Ada beberapa tanda dan gejala yang dapat kita ketahui adanya luka bakar dengan mengetahui beberapa tingkatan,” ungkapnya kepada kru Bertuahpos.com, Rabu (9/3/2016).

Baca: AFC CUP: Bali United Taklukkan Thanh Hoa 3-1

Tingkatan tersebut antara lain, di tingkat pertama yaitu kemerahan pada kulit (Erythema), yang terjadi pembengkakan hanya pada lapisan atas kulit ari, terasa sakit, merah dan bengkak.

Tingkat kedua, yaitu melepuh. Pembengkakan sampai pada lapisan kulit ari, terdapat gelembung berisi cairan kuning bersih.

Tingkat ketiga, yaitu luka bakar sampai pada lapisan kulit jangat, luka tampak hitam keputih-putihan. Dan di tingkat keempat, yaitu luka bakar suda sampau pada jaringan ikat atau lebih dari kulit ari dan kulit jangat sudah terbakar.

“Luka bakar dapat terjadi dengan beberapa penyebab, seperti terkena api dan benda panas. Tersentuh bahan kimia yang berupa cairan dan uap. Terkena energi eletrik seperti listrik, atau petir. Dan juga dapat terjadi karena radiasi seperti sinar matahari, rontgen atau radium,” tambahnya.

Nah, itulah beberapa penyebab luka bakar, dan dapat diketahui pula tanda dan gejala luka bakar tersebut yang dikenali dengan beberapa tingkatan. Agar sebaiknya anda akan lebih berhati-hati dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Penulis: Dilla