Kok Bisa Air Mani Keluar Sendiri Saat Kencing?

Rabu, 07 April 2021 16:31
Kok Bisa Air Mani Keluar Sendiri Saat Kencing?
Ilustrasi buang air kecil

BERTUAHPOS.COM — Kok bisa air mani keluar sendiri saat kencing? Iya, bisa. Hal ini bisa terjadi pada setiap pria. Secara umum kondisi ini tak membahayakan.

Namun demikian, tetap harus diperhatikan apakah yang keluar setelah kencing tersebut merupakan air mani?.

Advertisement

Dalam beberapa kasus, cairan yang keluar bisa saja bukan air mani dan menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami infeksi menular seksual.

Kenapa air mani bisa keluar sendiri? Air mani yang keluar sendiri biasanya merupakan kondisi normal, terutama jika kamu sedang melakukan aktivitas seksual.

Baca: Riau Catat 682 Orang Meninggal Akibat Corona, Kasus Didominasi Komorbid

Namun demikian, ada beberapa kondisi lain yang mendorong hal ini terjadi. Salah satu penyebab yang paling dikenal adalah mimpi basah.

Selain itu, air mani yang keluar sendiri bisa juga disebabkan oleh efek samping pengobatan yang kamu jalani, masalah di prostat, cedera saraf hingga ejakulasi mundur.

Mani yang bisa keluar sendiri ini bisa terjadi di kondisi tertentu, baik saat kamu tidur atau bahkan setelah kencing.

Dikutip dari Healthline, air mani yang keluar sendiri setelah kencing adalah kondisi umum yang bisa menimpa setiap pria. Kondisi ini pun biasanya tidak membahayakan.

Ada beberapa penjelasan kenapa kondisi ini terjadi. Terkadang beberapa air mani bisa tetap tinggal di dalam uretra setelah kamu ejakulasi terakhir kali dan kencing menjadi satu pendorongnya untuk keluar melalui penis.

Salah satu faktor penyebabnya, ejakulasi mundur. Pada pria, urine dan air mani keluar melalui uretra. Terdapat satu otot di dekat leher buli-buli yang berperan dalam membedakan kedua cairan ini agar tidak tercampur saat salah satunya akan keluar.

Saat orgasme, otot ini akan berkontraksi untuk menahan air mani masuk ke buli-buli. Sehingga air mani akan mengalir melalui uretra dan keluar lewat kepala penis.

Nah, ketika memiliki penyakit ejakulasi mundur, otot ini gagal berkontraksi. Akibatnya, air mani masuk ke buli-buli. 

Dalam kondisi ini, pria disebut mengalami orgasme kering. Karena walau sensasinya adalah ejakulasi, tapi hanya ada sedikit air mani yang keluar.

Efek lain dari penyakit ini adalah urine akan berwarna keruh setelah berhubungan seksual, atau bahkan air mani keluar sendiri. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab infertilitas pada pria. (bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 23 April 2021 14:25

TNI Yakini KRI Nanggala 402 Kini Dalam Posisi Diam

KRI Nanggala 402

Jumat, 23 April 2021 13:25

Aktivitas Penumpang Mudik di Terminal BRPS Pekanbaru Kian Menurun

Rata-rata penurunan jumlah penumpang 5-10%.

Jumat, 23 April 2021 13:00

Guys, Berikut Ini Rekomendasi 5 Baju Lebaran Keluarga Paling Hits

Baju Lebaran Keluarga Paling Hits

Jumat, 23 April 2021 12:35

3 Roket Sasar Tentara AS di Baghdad

Serangan Roket

Jumat, 23 April 2021 09:30

41 Ribu Wajib Pajak Riau Manfaatkan Program Insentif Pajak

Program Insentif Pajak Masih Lanjut di 2021