Hindari Sarapan Dengan Donat, Terutama untuk Si Kecil

Senin, 29 Juni 2020 08:57
Hindari Sarapan Dengan Donat, Terutama untuk Si Kecil
ilustrasi: net

BERTUAHPOS.COM(BPC) – Sarapan menjadi salah satu pola makan yang paling penting. Fungsinya sebagai asupan nutrisi sebelum beraktivitas, oleh karena itu sebaiknya sarapan tak hanya sekedar kenyang setelah “puasa” pada malam hari, terlebih lagi sarapan untuk anak-anak yang sangat membutuhkan asupan energi, vitamin dan serat yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya.

Sebagian orang tua kadang kurang memperhatikan nutrisi pada jenis menu sarapan yang disajikan. Alih-alih kepraktisan, akhirnya kue-kue manis seperti donat menjadi pilihan. Meskipun sebagian besar anak menyukainya karena rasanya. Namun sebaiknya orang tua menghindarinya sebagai menu sarapan bagi si kecil.

Meskipun terbilang mudah didapatkan, namun donat tak mengandung cukup nutrisi sebagai menu sarapan untuk anak-anak. Selain itu, sarapan dengan donat atau kue manis lainnya akan membuat anak-anak mudah merasa lapar kembali.

Donat dan kue-kue manis lainnya secara umum terbuat dari tepung terigu, margarin, dan banyak gula. Dominasi karbohidrat dan gula pada donat dapat meningkatkan risiko diabetes, dan obesitas. Selain itu mengkonsumsi makanan manis saat sarapan, efek jangka pendeknya adalah cepat lelah, mengantuk dan lapar.

Baca: Ini Alasan Pisang Adalah Makanan Hebat

Oleh karena itu, orangtua harus lebih memperhatikan pilihan menu sarapan untuk keluarga. Tak hanya sekedar disukai karena rasanya dan pertimbangan kepraktisan. Namun jauh lebih penting lagi kandungan nutrisi yang siap menunjang aktivitas seharian. (bpc4)