Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Kamis, 17 September 2020 12:36
Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU– Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat menggangu. Tidak hanya mengurangi penampilan, jerawat juga bisa meninggalkan bekas pada kulit dan dapat menghitam.

Hal tersebut tentu saja membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi frustasi, khususnya wanita.

Advertisement

Jerawat bisa sembuh dalam hitungan hari namun bekas jerawat yang membandel dapat bertahan lama. Untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu perlu memahami penyebab jerawat bisa meninggalkan bekas yang sulit pudar.

Jerawat merupakan bentuk peradangan pada kulit. Ketika jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, ada kemungkinan sel-sel yang membantu memulihkan permukaan halus kulitmu mengandung telalu banyak melanin. ketika sel-sel kulit tertentu memiliki lebih banyak melanin daripada yang lain, hasilnya adalah muncul bercak kulit yang lebih gelap.

Baca: Mengapa Tenaga Medis Eksis di Sosial Media di Tengah Wabah Corona?

Meski bukan masalah besar, tapi noda bekas jerawat di wajah dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Sebelum menyimak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami, kamu perlu mengetahui jenis-jenis jerawat mana yang tengah kamu alami.

Macam-macam jerawat:

1. Jerawat Noninflamatory

Jerawat noninflamatory biasanya lebih mudah diatasi karena tidak disertai degan peradangan. Contoh jenis jerawat ini adalah blackheads (komedo hitam), dan whiteheads (komedo putih).

2. Jerawat Inflamatory

Jerawat inflamatory biasanya lebih parah karena disertai peradangan. Jenis ini meliputi jerawat pustula bintik-bintik yang sudah mengalami infeksi.

Kemudian ada jerawat nodul yang terlihat seperti bisul, dan jerawat kristik yang memiliki wujud terparah.

Jenis bekas jerawat ada tiga, jenis pertama adalah bekas jerawat kecil kehitaman. Bekas jerawat ini cukup mudah dihilangkan. Jenis bekas jerawat kedua disertai dengan munculnya white head. menyebabkan bekas jerawat lebih dalam, yang disebabkan hilangnya kolagen.

Jenis jerawat terakhir memiliki warna merah kecokelatan, Yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon dan cukup sulit untuk hilang.

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa dengan bahan-bahan alami. Berikut  rekomendasi beberapa bahan alami yang bisa kamu coba.

1. Minyak Kelapa

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri membuat minyak kelapa ampuh membasmi bekas jerawat. Selain itu, kandungan vitamin E, vitamin K, dan antioksidan membuat minyak kelapa cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

Caranya letakkan minyak kelapa di telapak tangan kemudian usapkan di wajah secara lembut. Biarkan selama semalam untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki kandungan antiinflamasi dan antimikroba sehingga cocok dipakai sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

Caranya siapkan tiga sampai empat tetes tea tree oil dan jenis minyak lain, seperti minyak kelapa atau minyak almon. Campurkan dua bahan itu hingga berbentuk pasta, kemudian aplikasikan pada bekas jerawat.

3. Air Lemon

Air lemon memiliki kemampuan mencerahkan sehingga cocok untuk menghilangkan bekas jerawat.

Dua hal yang perlu kamu siapkan adalah kapas dan air lemon segar. Selanjutnya, usapkan air lemon pada bekas jerawat yang ingin kamu hilangkan. Jika tidak memiliki kapas, kamu bisa menggunakan tangan langsung, tapi pastikan tanganmu benar-benar bersih. (mg2)