Kenapa Harus Pakai Sabun? Ini 7 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut Medis

Jumat, 10 April 2020 10:29

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Mencuci tangan merupakan salah satu anjuran paling penting dalam melawan pencegahan wabah corona. Sebab jari, telapak dan punggung tangan merupakan sarang kuman dan virus.

Mencuci tangan yang benar tidak hanya dengan air mengalir, tapi juga harus pakai sabun. Mengapa mencuci tangan diharuskan menggunakan sabun? Bagaimana sabun dianggap efektif untuk membersihkan tangan dari kuman dan virus? 

Tangan memegang banyak hal, seperti hewan peliharaan, tangan juga kita pakai untuk membersihkan kotoran. Menyiapkan makanan juga menggunakan tangan. Memberi bayi makan juga dengan tangan, dan ada banyak hal yang kita lakukan dengan menggukan kedua tangan kita.

Melakukan banyak hal dengan tangan tentu saja akan membuat tangan menjadi tempat berdiamnya kuman dan virus jahat (bisa membawa penyakit). Kulit tangan kita juga selalu lembab, karena secara alami mengandung lemak. Oleh karena itu kuman dan kotoran sangat mudah menempel di tangan. Kuman-kuman ini akan berpindah kepada setiap benda yang kita sentuh. Termasuk pada makanan. 

Baca: 5 Film Anak-Anak Era 90an, Mana Favoritemu?

Mengapa Cuci Tangan Harus Pakai Sabun?

Sabun terbuat dari senyawa alkali (natrium hidroksida atau kalium hidroksida) yang dicampur dengan lemak nabati atau hewani serta pewangi. Formulasi ini bersifat basa dan berfungsi membersihkan minyak dan kotoran di permukaan kulit yang cenderung bersifat sedikit asam.

Sayangnya ketika kita membersihkan kulit  menggunakan sabun, sebagian minyak alami yang diproduksi kulit juga ikut terangkat. Itulah mengapa timbul sensasi kering dan kesat. Oleh karena itu, sebaiknya pilih sabun yang menggunakan detergen sintetis dengan pH seimbang, serta mengandung moisturizer.

Cara Mencuci Tangan dengan Benar

  1. Basahi tangan dengan air, tuangkan sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan dengan lembut ke arah memutar.
  2. Usap dan gotik punggung tangan secara bergantian.
  3. Gosok juga sela-sela jari tangan hingga bersih.
  4. Bersihkan juga ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
  5. Lalu gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian, kiri dan kanan.
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.
  7. Bilas dengan air bersih dan langsung keringkan dengan kain lap yang bersih.

Menurut ilmu medis, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat mencegah penyakit diare, infeksi saluran pernafasan hingga lebih dari 50%, menurunkan 50% insiden Avian Influenza, terhindar dari Hepatitis A, cacingan, penyakit kulit dan penyakit mata. (bpc3)