Kenali Faktor Penyebab Bau Badan

Minggu, 28 Februari 2016 11:53

BERTUAHPOS(BPC), PEKANBARU– Masalah Bau badan (BB) memang sering menjadi penyebab kepercayaan diri seseorang menurun, bahkan bisa membuat seseorang menjauh dan menyendiri. Bau badan ini terjadi bisa jadi dikarenakan karena banyaknya aktifitas atau gerak yang dilakukan, sehingga menimbulkan keringat  dan berbau tidak enak.

Saat cuaca panas bau badan sangat mudah terjadi  dan secara otomatis akan membuat suasana terganggu  dengan aroma yang tidak sedap.

Bau badan  ini terjadi pada pria maupun wanita dewasa, hal ini sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang dan dan saat bau badan terjadi, hal itu akan mengganggu orang-orang yang ada disekeliling kita.

Menurut dokter Zurlina Wati saat  di temui di jalan sekolah Rumbai, Minggu (27/02/2016), yang menjadi penyebab  dari bau badan yang tidak sedap adalah bakteri yang ada di permukaan kulit kita. Bakteri-bakteri ini yang mengurai keringat yang diproduksi  dan merubahnya menjadi asam. Asam inilah yang kemudian menguap dan menghasilkan bau yang tidak enak,”ujar Zurlina.

Baca: 3 Tempat Membeli Pakaian Second Rekomendasi di Pekanbaru

 Hal-hal yang menyebabkan  bau badan yaitu Pertama kurangnya menjaga kebersihan tubuh, minsalnya mandi, mandi merupakan hal yang harus agar badan kita tetap segar dan sehat, terkadang ramai orang yang malas mandi, apalagi  ketika  dirumah atau tidak melakukan kegiatan apapun sehingga menyebabkan  badan  menjadi bau.

Kedua berat badan yang berlebih, berlebih berat badan juga bisa menyebab kan bau badan karna berat badan yang tinggi  memiliki lemak yang bertumpuk dan berkeringat.

Ketiga  banyaknya aktivitas apalagi dibawah cuaca yang panas itu bisa menyebabkan timbulnya keringat dan berbau tidak enak.

Keempat,  Menghindari memakan makanan yang bisa menyebabkan timbulnya bau badan, minsalnya banyak mengkonsumsi bawang putih,karena mengkonsumsi bawang putih bisa menyebabkan bau badan  dan hal ini sudah terbukti  lewat penelitian ilmiah,contoh lainnya yaitu  makan pete, jengkol, daging  kambing,  atau makanan yang mengadung zat-zat yang menyebabkan bau badan.”ujar Zurlina.

“Aktivitas di lapangan  dan  dibawah cuaca panas, hal itu sangat memicu timbulnya  keringat yang berampur debu, yang menibulkan bau badan yang berlebihan. “Ujar Zurlina.

Tempat yag sangat sensitif dan mudah menimbulkan bau yaitu di bawah  ketiak, karena di sini yang mudah berkeringat.

Dan sebaiknya menggunakan deodoran yang mengandung  anti bakteri, agar tidak terjadi  bau badan yang berlebih.

Penulis:Sifa