Kegemukan Hambat Potensi Kehamilan, Ini Penjelasannya

Sabtu, 17 Juli 2021 13:27
Kegemukan Hambat Potensi Kehamilan, Ini Penjelasannya

BERTUAHPOS.COM – Penelitian terbaru mengatakan bahwa kegemukan pada perempuan dapat menghambat kehamilan. Hal ini diungkapkan oleh seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Klinik Teratai dan Morula IVF, Dr Indra NC Anwar SpOG.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa perempuan dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 23,cenderung mengalami kesulitan pada saat proses kehamilan. Lemak yang tersimpan di dalam tubuhdapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen. Jika hormon estrogen terganggu keseimbangannya, akan terjadi gangguan pada saat haid.

“Gangguan haid merupakan indikator kesuburan perempuan yang paling mudah dikenali,” jelas dia. Anwar juga menjelaskan, perempuan kegemukan dan obesitas, cenderung mengalami resistensi hormon insulin.

Reseptor insulin harus selalu berfungsi dengan baik, jika tidak maka akan terjadi efek domino pada hormon yang lain. Salah satu dampaknya adalah pada rahim, terutama ovarium. Jika perempuan gemuk hamil, maka faktor risiko untuk mengalami komplikasi juga akan lebih tinggi.

Baca: Sebelum Iblis Menjemput dan 4 Film Rekomendasi Akhir Pekan di Bioskop Pekanbaru

Penyakit seperti diabetes dan hipertensi (preaklamsia) juga akan lebih berisiko terjadi pada perempuan gemuk, terutama mereka yang sedang mengandung. Selain itu ibu hamil yang kegemukan juga berisiko mengalami keguguran, atau bayi lahir prematur. Lebih lanjut, dia menjelaskan perempuan gemuk juga akan mengalami kesulitan bersalin secara normal. (bpc3)