Kamu Terlalu Kurus, Ini 4 Cara Menaikkan Berat Badan

Minggu, 20 September 2020 14:33
Kamu Terlalu Kurus, Ini 4 Cara Menaikkan Berat Badan 

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Banyak sekali orang yang tak percaya diri dengan berat badan yang terlalu kurus. Berat Badan memang salah satu dari penampilan tubuh yang harus dijaga dengan baik.

Tapi jangan salah, menambah berat badan juga perlu memperhatikan hal-hal lain. Jika tidak malah menimbun lemak dan itu juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

Advertisement

Kita mungkin berpikir bahwa menaikan berat badan akan jauh lebih mudah daripada menurunkannya, padahal hal tersebut tidaklah benar.

Banyak orang telah mencoba makan dalam porsi yang besar namun tetap memiliki tubuh yang kurus. Ada pula saran bahwa jika ingin menaikan berat badan adalah dengan cara menambah asupan gula, makanan tinggi lemak serta tinggi kalori.

Baca: 5 Taktik agar Hasil Foto Anda Terlihat Lebih Cantik

Namun, apakah cara seperti itu merupakan cara yang tepat untuk menambah berat badan? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menambah berat badan.

1. Makan lebih sering

Jika kalian memiliki berat tubuh yang kurang dari ideal, maka kamu mungkin lebih mudah kenyang dibandingkan orang yang memiliki bobot tubuh normal. Daripada menambah porsi makan dalam jumlah besar sekaligus, lebih baik untuk makan lebih sering.

Misalnya, sehari makan lima kali sehari. Dengan begitu, kamu bisa menambah kalori tubuh dengan perlu merasa tersiksa karena makan makanan dengan jumlah besar secara sekaligus. Tambahlah porsi makan namun dengan waktu makan yang lebih banyak sehingga perut tidak akan merasa begah atau kekenyangan.

2. Makanan makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi atau makanan instan dan junk food memang dapat membuat bobot tubuh menjadi naik. Namun dengan cara ini ternyata keliru lho.

Makan-makanan seperti itu hanya akan membuat kadar lemak yang ada dalam darah menjadi naik, alhasil bukannya semakin sehat kamu justru akan rentan terkena penyakit seperti kolesterol.

Pilihlah makanan dengan nutrisi yang tinggi. makanan yang penuh akan zat gizi dapat membuat berat badan naik serta sekaligus membuat tubuh menjadi lebih sehat. Perbanyaklah makan buah, sayur, serta karbohidrat, daging maupun kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Cara menambah berat badan dengan perbanyak camilan

Tidak bisa dipungkiri cara paling ampuh untuk menambah berat badan adalah dengan lebih banyak makan. kamu bisa makan beraneka macam camilan, namun ingat untuk memperhatikan kandungan gizinya. Camilan sehat yang lebih disarankan adalah kacang-kacangan, buah, roti, keju sera susu.

Hindarilah mengkonsumsi makanan yang kurang akan gizi namun justru tinggi kalori dan tinggi lemak seperti permen, keripik kendang dan lain sebagainya.

Kamu bisa makan sebelum tidur, atau pilih makanan pencuci mulut yang sehat seperti kukis oatmeal maupun yoghurt.

4. Rutin berolahraga

Salah satu cara terbaik untuk menambah berat badan secara sehat adalah dengan berolahraga. Olahraga sendiri memang mampu untuk meningkatkan massa otot. apalagi olahraga yang dilakukan secara teratur atau rutin ini juga dapat membuat nafsu makan menjadi meningkat. (mg1)