Inilah Kebiasaan yang Buruk Buat Rambut Tipis

Sabtu, 02 Agustus 2014 15:00
Inilah Kebiasaan yang Buruk Buat Rambut Tipis
BERTUAHPOS.COM – Ketombe dan rambut rontok merupakan permasalah rambut paling umum. Namun kini banyak orang juga yang mengeluhkan rambutnya yang semakin menipis. Rambut yang tipis akan membuat penampilan terlihat tidak segar atau sakit-sakitan.
Â
Rambut yang tipis tidak selalu diakibatkan oleh penyakit, tetapi pada banyak kasus karena kebiasaan buruk yang Anda sering lakukan. Nah, kini ketahuilah kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.
Â
1. Menata rambut dengan alat yang panas
Berbagai alat penata rambut mengeluarkan panas tinggi, misalnya alat catok atau pengeriting rambut. Padahal alat-alat tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kutikula dan protein yang membentuk rambut. Kerusakan ini membuat rambut gampang patah dan rontok.
Sebaiknya batasi penggunaan alat-alat ini, atau sebelum menggunakannya, pastikan untuk mengoleskan terlebih dulu pelembab rambut untuk mengurangi kerusakan yang diakibatkan.
Â
2. Kesalahan setelah mencuci rambut
Rambut lebih mudah rusak dan patah saat dalam kondisi basah. Namun terkadang, banyak orang yang melakukan kesalahan pengeringan rambut dengan handuk setelah keramas. Menggosok rambut terlalu keras dengan handuk akan mengakibatkannya rontok, sehingga lebih baik keringkan rambut dengan penekan-nekan handuk pada rambut dengan lembut.
Â
3. Tidak keramas dalam waktu lama
Jadwal yang padat seringkali membuat orang menunda mencuci rambut. Padahal ini mungkin penyebab kenapa rambut Anda bisa bertambah tipis. Alasannya, penumpukan sel kulit mati pada kepala akan menyumbat folikel rambut sehingga menyulitkan pertumbuhan rambut baru.
Â
4. Diet terlalu keras
Ketika memaksakan diri untuk berhenti mengasup makanan dalam waktu lama, tubuh menggunakan energi yang seharusnya digunakan untuk menjalankan fungsi organ, termasuk menumbuhkan rambut. Selain itu, diet terlalu keras seringkali membuat orang kurang gizi yang dibutuhkan juga untuk pertumbuhan rambut yang sehat.
Â
5. Mengikat rambut terlalu kuat
Mengikat rambut terlalu kuat akan memberikan tekanan yang berlebihan pada folikel rambut. Inilah yang kemudian merusak atau melemahkan rambut.

Berita Terkini

Kamis, 26 November 2020 20:45

PSSI: Besar Kemungkinan Timnas U-19 TC di Spanyol

#TIMNAS

Kamis, 26 November 2020 19:31

Koramil 02/Lembang Jaya Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional 

#protokolkesehatan #covid #corona #sumbar

Kamis, 26 November 2020 17:30

UAS Loaunching SPBU Bersama YTWU

#uas #ytwu #spbu

Kamis, 26 November 2020 16:45

Rektor Unram Lepas Ribuan Mahasiswa KKN BMKM secara Daring 

#kkn #mataram #univeristasmataram

Kamis, 26 November 2020 16:31

Ditangkap KPK, Apa yang Disebut Edhy Terkait Jokowi?

#menterikkp #edhy #korupsi #benihlobster #kpk

Kamis, 26 November 2020 15:45

Wapres Sebut Peluang Angkat Produk Halal Masih Besar di Tengah Pandemi

#produkhalal #wapres #peluangeknomi

Kamis, 26 November 2020 15:31

Kadis PUPR PKPP Riau Sebut 4 Titik Perbaikan Jalan Berlobang di Pekanbaru Tinggal Pengaspalan

#jalanrusak #perbaikanjalan #pekanbaru #riau