Ini Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Selasa, 29 September 2020 03:25
Ini Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Tidak hanya berguna untuk menambah estetika rumah, tanaman juga memiliki kegunaan lainnya. 

Ada yang berguna sebagai bahan memasak, ada juga sebagai tanaman obat dan pengusir serangga, salah satunya nyamuk.

Advertisement

Hewan pengisap darah manusia ini sering ditemukan di dalam rumah dan mengganggu kenyamanan dan kesehatan kita, apalagi saat musim hujan. Berikut ini informasi jenis tanaman pengusir nyamuk.

Lavender

Baca: Memberi Maaf Bermanfaat Positif untuk Kesehatan Fisik

Lavender telah lama dikenal khasiatnya sebagai tanaman anti nyamuk paling ampuh di seluruh dunia. Aroma-aroma bunganya yang harum sangat disukai manusia namun begitu dibenci oleh nyamuk karena adanya zat linalool dan lynalyl asetat.

Itulah kenapa banyak obat anti nyamuk yang menjadikan lavender sebagai salah satu campuran atau aroma dari obat tersebut. Kamu bisa menempatkan tanaman bunga lavender di dalam pot ataupun langsung di tanah di depan kamar agar nyamuk tak masuk ke dalam.

Bunga Geranium

Bunga pengusir nyamuk geranium sebetulnya memiliki banyak varian yang berfungsi sama sebagai pengusir nyamuk alami. Geranium yang juga dikenal dengan nama tapak dara ini mengandung zat geraniol dan sitronelol yang aromanya sangat tak disukai nyamuk.

Kamu bisa menjadikan geranium sebagai tanaman hias outdoor maupun tanaman hias indoor yang banyak kegunaannya. Manfaat lainnya, aroma bunga geranium pengusir nyamuk ini pun bisa jadi obat relaksasi dan obat stres alami.

Serai Wangi

Selain terkenal sebagai penyedap rasa makanan dan minuman, serai juga ternyata bisa jadi pengusir nyamuk alami.

Aroma tanaman anti nyamuk outdoor ini sangat tak disukai nyamuk sehingga sering dijadikan bahan pembuat lotion antinyamuk.

Kamu bisa menggunakan serai wangi sebagai tanaman hias outdoor ataupun memanfaatkan minyak serainya untuk dioleskan ke badan.

Lemon Balm

Lemon balm memang bukan tanaman hias indoor pengusir nyamuk, namun khasiatnya tetap tak perlu diragukan. Kandungan sitronelal di dalam lemon balm adalah zat utama yang sangat tak disukai oleh nyamuk. 

Sementara itu, nektar bunga lemon balm yang indah justru sangat disukai oleh kupu-kupu dan membuat mereka senang mengunjunginya.

Catnip

Catnip atau nepeta catari adalah tanaman anti nyamuk outdoor yang sangat unik. Aroma tanaman ini begitu disukai oleh kucing untuk berlama-lama tapi sangat tak disukai dan bahkan ditakuti oleh nyamuk.

Catnip bisa diolah menjadi minyak esensial yang disebut nepetalactone dengan khasiat yang lebih ampuh daripada obat DEET (diethyl meta toluamide). 

Sebagai tanaman hias outdoor, catnip dapat tumbuh tinggi sehingga lokasi penanamannya harus diperhatikan agar tak menghalangi pemandangan.

Bunga Rosemary

Sama seperti tanaman pengusir nyamuk alami lainnya, bunga rosemary juga menghasilkan aroma yang kuat yang sangat tak disukai oleh nyamuk. 

Bunga pengusir nyamuk ini memiliki daya tahan cukup tinggi ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman anti nyamuk di kamar. Namun, dengan daya tahan tinggi terhadap sinar matahari, bunga rosemary pun tetap cocok bila dijadikan tanaman hias outdoor.

Mosquito Plant

Dari namanya saja sudah jelas bahwa tanaman ini berkhasiat untuk mengusir nyamuk. Menurut penelitian Van Leeni, mosquito plant bermanfaat untuk menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO2 (karbondioksida). (Mg2)

Berita Terkini

Minggu, 25 Oktober 2020 17:08

Kalah di El Clasico, Ronald Koeman Serang Wasit

#ELCLASICO

Minggu, 25 Oktober 2020 15:01

Sejarah Tanah Jantan, Kepulauan Meranti

#MERANTI

Minggu, 25 Oktober 2020 13:29

Prabowo Jumpai Menhan Turki Bahas 4 Topik Penting

#prabowo

Minggu, 25 Oktober 2020 10:01

Kaum Muslimin, Janganlah Terpedaya Harta Kekayaan

#ISLAMPEDIA

Minggu, 25 Oktober 2020 09:31

Silahkan, Nikmati Surga Telaga di Gunung Talamau Sumbar

#gunungtalamau #sumbar

Minggu, 25 Oktober 2020 09:04

Wijatmoko Kembali Pimpin Apindo Riau 5 Tahun Kedepan

#apindoriau #ketuaapindoriau