Hal Tidak Terduga Ini Penyebab Gigi Menguning

Selasa, 16 Februari 2016 13:12

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Mempunyai gigi kuning memang menjadi masalah pada sebagian orang. Karena membuat kurang percaya diri dan tidak nyaman, apalagi saat tersenyum atau ketawa.

Sebagian orang lagi merasa sudah menyikat gigi secara rutin, misalnya dua kali sehari, tapi tetap saja masih terlihat kuning. Sebenarnya apa penyebab dari gigi kuning tersebut.

“Pastinya untuk menunjang penampilan ingin mempunyai bentuk atau bagian tubuh yang sempurna. Seperti gigi, kalau gigi putih pasti akan merasa percaya diri dan lebih sering untuk tersenyum atau ketawa, nah gigi menguning ini jadi penyebab tidak percaya diri,” ungkap Idrawati selaku dokter gigi kepada kru Bertuahpos.com.

Karena itu, Idrawati akan menjelaskan beberapa penyebab dari gigi menguning tersebut.
“Faktor-faktornya sebenarnya seperti yang tidak pernah kita duga, namun yang tidak terduga itu pemicu penyebabnya,” tambahnya.

Baca: Mau Jadi Member di Natural Spa and Health Club Furaya Hotel? Ini Harga Terbarunya

Pertama, merokok. Ini sebenarnya sudah menjadi hal yang tidak diragukan. Karena rokok menyebab paling keliatan gigi menjadi kuning. Kandungan nikotin yang terkandung dalam rokok tersebut membuat ruang mulut menjadi asam.

Kedua, kebiasaan membuka kemasan dengan gigi. Dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan ini, karena tanpa disadari membuat gigi mudah rapuh dan lemah, ketika gigi sudah rapuh, otomatis warnanya cenderung jadi tidak sehat dan menguning.

Ketiga, kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Termasuk penyebab utama dalam faktor penyebab gigi kuning. Lebih usahakan dalam membersihkan gigi dan mulut secara berkala.

Keempat, menyikat gigi setelah makan makanan yang manis. Ini pernyataan yang benar, namun tidak harus terburu-buru setelah makan yang manis langsung menggosok gigi. Setidaknya 1 jam setelah makan yang manis-manis menyikat giginya.

Kelima, obat pemutih gigi. Loh, kenapa? Ternyata cara kerja untuk pemutih gigi yang kita anggap ampuh untuk membuat gigi putih tidak sepearti yang dibayangkan. Apalagi dengan cara mengerosi gigi dan biasanya dilakukan dirumah. Itu bisa jadi tidak maksimal, sebaiknya rutin saja mengontrol gigi di dokter gigi.

Itulah beberapa faktor yang sering memicu terjadinya gigi menguning. Masih banyak lainnya lagi penyebab atau faktor gigi menguning. Sebaiknya melakukan pemeriksaan atau perawatan gigi secara rutin ke dokter gigi. (Dilla)