Gowes ke Kantor, Hobi Sehat Karyawan Riau Kompleks

Minggu, 31 Maret 2019 09:17

BERTUAHPOS.COM – Sebuah hobi dan kebiasaan sehat sudah lama terjadi di lingkungan karyawan Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Kebiasaan itu adalah hobi menggowes sepeda, yang bahkan untuk pergi ke kantor pun memakai sepeda.

Tidak hanya satu atau dua orang, ternyata karyawan RAPP yang hobi bersepeda cukup banyak. Pada awalnya, mereka menganggap kebiasaan gowes ke kantor ini hanya dilakukan segelintir orang.

Kemudian, mereka menyadari bahwa banyak diantara mereka yang hobi gowes, sehingga muncul ide untuk mendirikan komunitas sepeda di lingkungan RAPP. Komunitas itulah yang hingga saat ini dikenal dengan nama Riau Complex Cycling Community (RCCC).

“Sekitar tahun 2016, kami mulai merasa banyak juga rekan-rekan karyawan RAPP yang hobi gowes. Di situ kami sadar, bahwa kami memiliki kebiasaan yang sama, bersepeda ke kantor setiap hari, sehingga muncul ide mendirikan komunitas sepeda,” kenang Haryanto, Ketua RCCC.

Baca: Mau Semangat Hari Ini? Coba Tips Berikut

Mengetahui hobi dan kebiasaan sehat para karyawan, pihak perusahaan RAPP ternyata mendukung penuh. Banyak fasilitas bagi pesepeda yang disediakan, seperti parkir hingga jalur aman dan nyaman untuk bersepeda.

“Mengetahui komunitas RCCC, perusahaan memberikan dukungan penuh. Jadilah kami semakin nyaman gowes ke kantor setiap hari. Apalagi, jalanan nyaman dan tempat parkir sepeda disediakan perusahaan di lingkungan kompleks RAPP,” tambah Haryanto.

Dengan dukungan perusahaan ini, semakin hari komunitas RCCC semakin berkembang. Keanggotaannya juga semakin banyak. Hingga saat ini, RCCC sudah beranggotakan 70 orang karyawan RAPP dari berbagai usia. Ada yang masih muda dengan usia 25 tahun, hingga mereka yang masih bugar di usia 50 tahun.

Selain gowes bersama ke kantor setiap hari, anggota RCCC juga kerap berakhir pekan bersama untuk gowes jarak jauh atau bahkan hanya bersepeda santai di sekitar kompleks, yang juga bermanfaat menambah kedekatan dan kehangatan antar karyawan.

“Ya, kami juga sering melakukan kegiatan gowes selain ke kantor. Misalnya di akhir pekan, kami gowes dengan rute yang agak jauh di sekitaran Kota Pangkalan Kerinci. Kadang-kadang, kami gowes santai saja di sekitar kompleks RAPP,” tambah Haryanto lagi.

Hobi yang menyehatkan ini juga membawa beberapa anggota RCCC menjuarai kompetisi yang sering diadakan oleh Indonesia Cycling Sport Union (ISSI).*