Flagship Bekas atau beli HP Midrange Baru?

Rabu, 05 Februari 2020 08:57
Flagship Bekas atau beli HP Midrange Baru?

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Terkadang, kita dibingungkan ketika akan membeli atau mengganti handphone (HP). Salah satunya adalah karena harga miring HP flagship bekas, yang tak beda jauh dengan HP midrange (menengah) terbaru.

Seperti seri Samsung S9 yang di beberapa counter harganya mulai dari Rp4,7 jutaan. Harga ini sama dengan HP Samsung midrange terbaru seperti seri A51.

Advertisement

Secara spesifikasi, S9 lebih unggul karena merupakan bekas hp flagship dari Samsung. Berbahan kaca dengan Gorilla Glass 5, rangka aluminium, serta bekas prosesor Exynos terbaik dizamannya, Exynos 9810. Ditambah dengan kualitas kamera S9 yang jelas sangat baik. Untuk tahun 2020, S9 jelas masih mumpuni, meski diluncurkan Februari 2018.

Namun, di sisi lain, A51 menawarkan HP kekinian, seperti layar penuh hanya terganggu satu dot kamera, ataupun OS terbaru. Selain itu, A51 menawarkan baterai besar 4000 mAh, yang jelas sangat awet.

Baca: Negara Ini Akan Bangun Pembangkit Listrik di Luar Angkasa

Jadi, pilih mana, S9 lawas atau A51 yang kekinian?

Keduanya sama baik. Namun, juga memiliki kekurangan masing-masing. S9 memang lebih baik di performa dan desain body, namun patut dipertimbangkan usianya yang tua. Kemungkinan ada banyak kerusakan, apalagi jika bekas pakai orang lain. Kondisi baterai juga patut diperhatikan. Intinya, ada faktor keberuntungan agar bisa mendapatkan S9 bekas yang masih baik.

Sementara itu, jelas tidak ada kekhawatiran untuk membeli A51 baru. Kalaupun ada kerusakan, klaim garansi bisa digunakan. Namun, kelemahannya tentu ada di desain body yang tak sebaik HP flagship. Begitu juga kamera ataupun performa prosesornya.

Kesimpulannya? Sesuaikan dengan kebutuhan. Jika memang membutuhkan falgship yang mempunyai performa dan kamera yang baik, silahkan pilih S9. Namun, jika ingin lebih aman dan tampil kekinian, pilihlah A51. (bpc2)