Dengarkan Musik Salah Satu Cara Asah Otak Agar Tak Mudah Pikun

Minggu, 04 April 2021 08:30
Dengarkan Musik Salah Satu Cara Asah Otak Agar Tak Mudah Pikun
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Mengasah daya ingat agar tidak mudah pikun, salah satunya bisa dilakukan dengan cara mendengarkan musik. 

Seperti kita ketahui bahwa Kerja otak dalam menyimpan ingatan perlu dilatih. Bila tidak dilatih, kemampuan akan menurun. Efeknya, mudah lupa dan sering luput. Artinya, semakin banyak hal perlu diingat kemampuan otak mesti terus menerus dilatih.

Advertisement

Daya ingat merupakan kemampuan untuk mendapatkan, menyimpan, dan mengingat kembali setiap informasi serta pengalaman. Lantas, bagaimana cara meningkatkan daya ingat? Menurut ahli, berikut daftar caranya, seperti dilansir dari voi:

Menjawab daftar pertanyaan

Baca: Lampu Lalu Lintas Mati, Persimpangan Soekarno Hatta dan Durian ‘Berantakan

Seperti cara belajar anak sekolah dasar. Setelah membaca materi, diperlukan menjawab kuis atau daftar pertanyaan untuk memperkuat daya ingat. Menurut seorang psikolog, Adam Grant, kita tidak perlu berulang-ulang membaca materi. Menguji materi-materi apa saja yang telah dipahami dan terserap dalam ingatan perlu dilakukan.

Lebih jauh lagi, mengingat membutuhkan proses terstruktur. Ini perlu dilakukan agar materi yang diingat tidak setengah-setengah dan terpecah-pecah.

Mendengarkan musik

Berbagai riset dilakukan untuk membuktikan bahwa bekerja diiringi musik menghasilkan kerja otak lebih cepat. Ini juga berpengaruh pada aktivitas mengingat.

Memastikan otak tetap aktif

Ada berbagai aktivitas dapat dilakukan utnuk mengasah otak. Antara lain bermain gim dan berolahraga. Bermain gim membutuhkan strategi dan perhatian penuh, misalnya pada permainan catur atau gim online seperti bermain teka-teki.

Sedangkan berolahraga, tidak hanya melatih otak tetapi juga melatih memori tubuh. Seperti saat bermain voli, sepak bola maupun badminton. Ketiga olahraga ini membutuhkan kecepatan dan ketepatan.

Aktifkan tangan yang tidak dominan

Apakah Anda termasuk mayoritas masyarakat Indonesia yang lebih aktif memakai tangan kanan? Untuk meningkatkan daya ingat, Anda bisa mengaktifkan tangan kiri. Misalnya saat mewarnai, menulis bahkan sikat gigi saat mandi.

Mengidentifikasi orang lain

Seseorang mungkin lupa bagaimana mengidentifikasi orang lain. Cobalah untuk melatih ingatan dengan mengingat tentang warna pakaian, setinggi apa badannya, memakai sepatu apa dan lain sebagainya terkait dengan ciri-ciri fisik dan atribut.

Membuat catatan dengan gambar

Ini cara mengingat paling mengasyikkan. Anda bisa memanggil kembali ingatan yang telah dipelajari dengan menggambarkan tanpa kata. Anda tidak perlu memiliki keterampilan menggambar untuk mengasah otak. Yang perlu dilakukan adalah mengekspresikan ingatan Anda dengan gambar imajinatif.

Cukup istirahat

Mengingat membutuhkan waktu tidak sebentar. Mengingat juga tidak bisa dipaksakan. Termasuk saat energi tubuh tidak baik atau suasana hati buruk. Artinya, agar ingatan tetap terjaga tetaplah cukup istirahat.

Anda dapat membiasakan jam tidur tepat waktu selama 7 hingga 8 jam. Jika lelah, Anda dapat beristirahat sejenak dan meneruskan melakukan kegiatan setelahnya. (bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 23 April 2021 14:25

TNI Yakini KRI Nanggala 402 Kini Dalam Posisi Diam

KRI Nanggala 402

Jumat, 23 April 2021 13:25

Aktivitas Penumpang Mudik di Terminal BRPS Pekanbaru Kian Menurun

Rata-rata penurunan jumlah penumpang 5-10%.

Jumat, 23 April 2021 13:00

Guys, Berikut Ini Rekomendasi 5 Baju Lebaran Keluarga Paling Hits

Baju Lebaran Keluarga Paling Hits

Jumat, 23 April 2021 12:35

3 Roket Sasar Tentara AS di Baghdad

Serangan Roket