COVID-19: Kata dr Indra Yopi, Penularan Corona Hanya Melalui Percikan Dahak

Rabu, 08 April 2020 10:24
COVID-19: Kata dr Indra Yopi, Penularan Corona Hanya Melalui Percikan Dahak

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – dr. Indra Yopi mengatakan bahwa masyarakat perlu mengetahui secara jelas mengenai bagaimana wabah Corona menjangkiti seseorang. Dokter spesialis paru ini mengungkapkan bahwa penularan wabah corona hanya mungkin terjadi melalui percikan dahak. “Tidak ada dengan cara lain,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, masyarakat diwajibkan mengenakan masker, sebagai pelindung utama agar tidak terkena percikan liur atau dahak dari orang lain. Dalam percikan dahak seseorang yang positif corona, akan sangat potensial untuk menularkan kepada lawan interaksinya (contact), sehingga anjuran untuk social distancing merupakan salah satu cara agar seseorang tidak terkena percikan dahak dari orang lain.

Advertisement

“Kalau menggunakan masker akan lebih aman. Sekarang juga ada anjuran untuk masyarakat hanya menggunakan masker kain, karena masker yang biasa itu khusus untuk tenaga medis. Hal ini karena ketersedian masker yang belum cukup,” ujar Jubir Pemerintah untuk COVID-19 Riau itu.

Dia menambahkan, mengenai anjuran lain mengapa masyarakat diminta untuk sering cuci tangan, tidak lain atas dasar kekhawatiran, misalnya virus itu menempel di sebuah meja di ruang rapat, lalu di pegang oleh orang lain. Ini akan sangat berpotensi penyebaran virus, sebab itu langkah yang paling benar adalah mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, sebelum memegang muka.

Baca: Segera Ditangani, Kasus Flu Singapura di Riau Jangan Sampai KLB

“Jadi saya sampaikan kepada masyarakat agar bisa memahami bahwa sebenarnya orang yang terinfeksi virus corona bukanlah sebuah aib yang harus ditutupi. Di luar negeri, justru mereka bersikap jujur, dengan demikian mereka telah menyelamatkan saudara mereka lainnya,” sambung dr. Indra Yopi. (bpc3)

Berita Terkini

Senin, 23 November 2020 16:05

Riau Perkirakan Produksi Padi Capai 269 Ribu Ton

#pangan #ketahananpangan #padi #beras

Senin, 23 November 2020 15:35

Keponakan Kim Jong-Un Ditangkap CIA?

#korut #kimjongun #cia

Senin, 23 November 2020 15:08

Sekolah Didorong Bentuk Satgas Covid-19

#covid #corona #sekolah