Coba Tips Ini, Agar Tidak Stres Dalam Mencari Kerja

Minggu, 21 Februari 2016 11:36

BERTUAHPOS.COM (BPC) – Sudah Lulus Kuliah? Inilah awalnya kehidupan sesungguhnya, hal terbesar adalah mencari kerja. Yapz..dalam penantian mendapatkan pekerjaan, tidak bisa dipungkiri rasa tertekan dan tidak tenang kerap menghantui sebagian dari kita. Belum lagi, jika ternyata rejeki pekerjaan itu tidak langsung datang setelah kita lulus. Akibatnya, kita pun akan memiliki banyak waktu luang jika dibandingkan saat kita masih kuliah.

Sayangnya, kadang, terlalu banyak memiliki waktu luang justru bisa menyebabkan seseorang menjadi banyak memikirkan kekhawatiran-kekhawatiran yang kadang tidak perlu dipikirkan.
hal-hal inilah kadang kita dibuat stress sendiri saat pekerjaan tak kunjung datang.

Agar Anda tidak terlibat dengan perasaan stress berlebihan yang dapat menimbulkan perasaan frustasi, untuk menghindari stress selama masa pencarian kerja, kali ini bertuahpos akan  memberikan tips yang  dirangkum dari laman www.bbc.com, berikut ini caranya,

Susunlah Daftar Kegiatan Yang Harus Dilakukan. Agar waktu kosong Anda dapat dimanfaatkan dengan baik, buatlah daftar dan jadwal kegiatan yang harus Anda lakukan agar lebih fokus untuk mendapatkan pekerjaan. Misalnya, mencari daftar perusahaan mana saja yang bisa Anda lamar, mencari referensi menulis CV yang menarik, hingga mengikuti kursus keahlian tambahan yang bisa Anda tonjolkan dalam CV Anda nanti.

Baca: Babak Kelima FA Cup, MU Tantang Chelsea

Hindari Terlalu Banyak Cek Sosial Media. Berhubungan dengan teman di sosial media memang tak ada salahnya. Namun, saat dalam masa pencarian pekerjaan seperti sekarang ini, terlalu banyak menggunakan sosial media (mungkin) justru menimbulkan efek negatif berupa kecemasan berlebihan bagi Anda. Mengapa demikian? Bayangkan saja  ketika Anda melihat banyak teman Anda yang telah mendapatkan pekerjaan atau, bahkan ada teman Anda yang ternyata mendapatkan pekerjaan impian Anda, hal tersebut bisa membuat Anda lebih tertekan bukan? Jika Anda ingin menggunakan sosial media, sebaiknya gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan, bukan untuk stalking teman-teman yang telah sukses yang (mungkin) justru akan membuat Anda merasa kecil.

Memperbanyak Informasi Perihal Dunia Kerja. Tahu saja tidak cukup, Anda perlu memperbanyak koneksi untuk sumber informasi Anda dalam mencari lowongan pekerjaan. Nah, di masa menunggu datangnya pekerjaan ini, sebaiknya manfaatkan waktu yang ada untuk mencari tahu segala macam informasi mengenai pekerjaan yang Anda akan geluti. Mempelajari profil perusahaan incaran juga akan sangat membantu Anda menambah pengetahuan untuk kemungkinan panggilan wawancara nanti.

Lakukan Meditasi. Rasa cemas dan tertekan bisa juga diusir dengan cara meditasi. Banyak orang melakukan meditasi agar pikirannya menjadi lebih tenang dan lebih bisa mengatur perasaan. Jika Anda tak suka meditasi, Anda juga bisa mencoba olahraga ringan seperti jogging di sekitar perumahan. Selain stres hilang sejenak dan menjadi sehat, Anda juga bisa lebih kenal tetangga, yang mungkin bisa menjadi sumber koneksi Anda untuk mendapatkan pekerjaan.


Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda coba untuk dapat memanfaatkan waktu luang selama masa pencarian pekerjaan dengan sebaik-baiknya agar terhindar dari stress. Selain cara-cara yang telah disebutkan, Anda juga bisa mencoba berlibur atau melakukan kegiatan sosial yang bisa menyibukkan Anda dengan hal-hal yang lebih positif. So, semoga bermanfaat! (Ely)