Cara meningkatkan keterampilan berkomunikasi

Selasa, 18 Februari 2014 11:24

BERTUAHPOS.COM – Keterampilan berkomunikasi yang baik sangat diperlukan, khususnya dalam dunia kerja. Keterampilan ini bisa kita gunakan untuk meningkatkan karir dan juga memperluas jaringan. Ingin tahu cara meningkatkan keterampilan ini? Nah, berikut adalah tiga cara meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Yuk kita simak tipsnya!

1. Pelafalan dan intonasi

Perhatikan pelafalan dan intonasi Anda saat berbicara dengan orang lain. Pastikan bahwa apa yang Anda katakan terdengar jelas. Singkatnya, kata-kata Anda tidak terdengar seperti gumaman. Hindari pula berbicara terlalu cepat, karena itu akan merusak konsentrasi orang yang Anda ajak bicara.

2. Mempertahankan kontak mata

Baca: Mata Juga Butuh Olahraga, Ini Caranya!

Pertahankan kontak mata ketika berbicara dengan orang lain. Ini akan membuat orang lain memercayai kata-kata Anda dan tertarik pada apa yang Anda katakan. Percaya atau tidak, kontak mata membuat kata-kata Anda terlihat meyakinkan di depan orang lain.

3. Bahasa tubuh

Bahasa tubuh adalah cara paling efisien untuk membantu Anda mengekspresikan karakter diri Anda. Bahasa tubuh itu termasuk gerakan lengan, postur tubuh dan ekspresi wajah. Gerakan yang salah dapat memberikan makna yang salah pula kepada orang lain. Mereka bahkan bisa menyalahartikan maksud Anda, hanya karena Anda salah memilih bahasa tubuh.

Inilah tiga cara untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Selamat mencoba! (des/Merdeka.com)