Cara Aman Belanja Online Jelang Lebaran

Kamis, 24 Juli 2014 15:22

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Menjelang Lebaran, tingkat konsumsi masyarakat biasanya naik, termasuk berbelanja via online. Agar aman berbelanja di Internet, Mastercard memberikan tip. Hal terpenting pertama adalah Anda harus melindungi privasi. (Baca: 6 Saran Hindari Penipuan Belanja Online)

Beberapa situs belanja menjual informasi pelanggan mereka kepada pihak ketiga. Karena itu, jangan berbagi informasi pribadi kepada mereka apabila tidak ingin orang lain menggunakannya. Kedua, lakukan pengecekan secara saksama terhadap toko online yang akan dituju. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penipuan. Sebab, tidak sulit untuk membuat situs di dunia maya. (Baca juga : Transaksi Belanja Online Tembus Rp 100 Triliun)

Ketiga, gunakan browser atau peramban yang aman. Biasanya peramban menggunakan sandi untuk setiap informasi pembelian yang dikirim melalui Internet, sehingga transaksi menjadi lebih aman. Mayoritas peramban menerapkan hal ini sebagai fitur standar. (Baca juga : Belanja Online Marak, Pemerintah Siapkan Regulasi)

Keempat, gunakan kartu kredit atau debit ketika melakukan pembelian online. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya transaksi tidak resmi bisa dibatasi. (Baca juga: Agar Tak Tertipu Saat Belanja Online)

Baca: Menu Sarapan Pagi: Psikologis Menyeruput Kopi Hangat di Pagi Hari

Transaksi tidak resmi biasanya tercakup dalam MasterCard’s Zero Liability Policy. Bank akan mengembalikan setiap transaksi tidak resmi tersebut. Bila ada hal yang mencurigakan terhadap kartu atau kartu hilang, segera laporkan kepada institusi keuangan yang bersangkutan.

Kelima, gunakan penyedia jasa keuangan yang menyediakan tingkat keamanan ekstra untuk pembelian online sehingga informasi rahasia pemegang kartu terlindungi. Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan kata sandi (password) tambahan yang hanya diketahui oleh pemegang kartu. Contohnya, MasterCard SecureCode.

Fitur tersebut memberikan perlindungan tambahan bagi para pemegang kartu dari para peretas (hacker) dan penipu di di dunia maya serta memberikan keamanan online di semua tingkatan.

Keenam, jangan lupa menyimpan catatan transaksi dan bukti pembayaran. Periksa kembali rincian pembayaran sebelum melakukan pembayaran akhir. Ce pula kebijakan pengembalian barang yang ditawarkan toko online. Terakhir, cetak bukti transaksi dan pastikan bahwa jumlah pembelian sesuai dengan tagihan pada akhir bulan.(Tempo)

Berita Terkini

Selasa, 02 Juni 2020 23:28

New Normal, Pesonna hotel Pekanbaru Berikan Penawaran Menarik Dengan Standar Halal Dan Higienitas Tinggi

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Manajemen Pesonna hotel Pekanbaru menyambut baik keputusan pemerintah pusat untuk membemberlakuan New Normal. Sejumlah pengetatan protokol kesehatan sudah mulai disusun, termasuk…

Selasa, 02 Juni 2020 18:28

Apapun Urusannya, Libatkan Agama Didalamnya

#ISLAMPEDIA

Selasa, 02 Juni 2020 18:01

Jemaah Haji Riau Gagal Berangkat, Ini Kata Gubri Syamsuar

#ISLAMPEDIA

Selasa, 02 Juni 2020 16:14

Positif Corona di Indonesia Masih Bertambah

#CORONA

Selasa, 02 Juni 2020 14:14

Gubri : Tolong Perketat Pengawasan Warga yang Masuk

#COVID-19

Selasa, 02 Juni 2020 13:27

BPS Sebut Sensus Online Diikuti 51 Juta Penduduk

#SENSUS