Brokoli Mampu Atasi Kanker Kulit

Jumat, 13 September 2013 14:18
Brokoli Mampu Atasi Kanker Kulit
BERTUAHPOS – Sebelum pergi beraktivitas di luar ruangan, kebanyakan orang menggunakan tabir surya agar kulit tak terbakar sinar matahari. Namun menurut peneliti, makan brokoli bisa memberikan khasiat yang sama dengan tabir surya.
Â
Jika dioleskan pada kulit, brokoli mampu menurunkan risiko serangan kanker kulit, demikian menurut peneliti dari University of Arizona Cancer Centre dan John Hopkins University.
Â
“Brokoli memiliki senyawa bernama sulforaphane yang ampuh mencegah kanker kulit,” papar Dr Sally Dickinson, seperti yang dikutip dari Daily Mail.
Â
Senyawa tersebut juga dilaporkan mampu memicu pertumbuhan gen tertentu yang melindungi jaringan sehat dari obat kemoterapi kanker. Sebab biasanya obat kemoterapi bukan cuma menyerang sel kanker, tetapi juga jaringan sehat dalam tubuh.
Â
Paparan sinar matahari berlebihan memang menjadi salah satu penyebab kanker kulit. Sehingga para ahli menganjurkan agar kita menggunakan tabir surya ketika akan keluar rumah, sekalipun kita memiliki warna kulit gelap.
Â
Namun penelitian tersebut akhirnya menemukan alternatif lain untuk melindungi kulit dari kondisi terbakar hingga kanker, yaitu dengan brokoli.
Â
Â
(merdeka.com)