Bermain Game Dapat Membuat Otak Lebih Kreatif

Senin, 26 Agustus 2013 08:18
Bermain Game Dapat Membuat Otak Lebih Kreatif
BERTUAHPOS – Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa bermain game yang berkaitan dengan taktik dan hafalan bisa membantu seseorang berpikir lebih fleksibel. Berpikir fleksibel dikaitkan dengan kemampuan seseorang untuk memikirkan banyak hal dalam satu waktu, atau kemampuan untuk berganti fokus dengan cepat.
Â
Penemuan ini menurut peneliti bisa sangat bermanfaat sebagai perawatan orang yang mengalami cedera otak atau yang memiliki ADHD. Sebelumnya penelitian mengungkap bahwa game bergenre action bisa membuat orang berpikir dan mengambil keputusan lebih cepat.
Â
“Penelitian ini menemukan bahwa game bergenre strategi dan dan taktik bisa membantu seseorang berpikir sambil bekerja serta lebih cepat berganti fokus saat berpikir,” ungkap Dr Brian Glass dari School of Biological and Chemical Sciences di Queen Mary University of London, seperti dilansir US News (23/08).
Â
Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 72 wanita yang bermain video game kurang dari dua jam seminggu. Sebagian partisipan diminta bermain game strategi bernama “StarCraft” sementara lainnya diminta bermain game biasa “The Sims” yang tak terlalu banyak membutuhkan taktik dan strategi. Partisipan memainkan game ini selama 40 jam dalam delapan minggu.
Â
Peneliti kemudian menemukan bahwa partisipan yang bermain StarCraft memiliki kemampuan berpikir yang lebih fleksibel, berpikir lebih cepat dan akurat, dibandingkan dengan partisipan yang bermain The Sims. Glass berpendapat bahwa kemampuan berpikir fleksibel bisa dipelajari oleh seseorang melalui cara yang menyenangkan, seperti bermain game.
Â
Kemampuan berpikir fleksibel akan membuat seseorang lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah, lebih bisa berpikir di luar kotak, serta memudahkan mereka memikirkan banyak hal dalam waktu yang bersamaan.
Â
(merdeka.com)

Berita Terkini

Senin, 25 Januari 2021 22:30

Belasan Pesawat Tempur China Terobos Langit Taiwan, Makin Panas

#China #Taiwan #AS

Senin, 25 Januari 2021 21:31

Positif Covid-19 Riau Bertambah 44 Kasus, 18 di Pekanbaru

#Covid-19 #Corona #Riau

Senin, 25 Januari 2021 20:41

Usut Dugaan Korupsi Rp41 Miliar, Kejati Riau Periksa Empat Pejabat RSUD Rengat

#Kejati #RSUDRengat #Hukum

Senin, 25 Januari 2021 20:30

MUI: Sudahi Polemik Jilbab di SMKN 2 Padang

#MUI #SMKN2 #Padang #PolemikJilbab

Senin, 25 Januari 2021 18:15

Ini Kata Mabes Polri Soal Isu Rizieq Sakit Keras di Rutan

#RS #Rutan #Rizieq

Senin, 25 Januari 2021 17:50

Pelaku Usaha Kecil di Riau Diharapkan Jadi Agen dalam Disiplin Protokol Kesehatan

#ProtokolKesehatan #SatpolPP #PelakuUsaha

Senin, 25 Januari 2021 16:32

Militer China-India Kembali Bentrok di Perbatasan Himalaya  

#IndiaChina #MiliterBentrok #Himalaya