Beda Penyuntikan Vaksin Sinovac dan Astrazaneca, Ini Kata Kadiskes Riau

Jumat, 21 Mei 2021 12:45
Beda Penyuntikan Vaksin Sinovac dan Astrazaneca, Ini Kata Kadiskes Riau
Vaksin Sinovac.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau telah menerima vaksin sebanyak 639.580 dosis yang terdiri dari Sinovac dan Astrazeneca, dan vaksin tersebut telah didistribusikan ke kabupaten/kota di Riau sesuai dengan peruntukan penerima vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan penyuntikan vaksin Gotong Royong tetap sama dengan vaksin Sinovac, yakni dua kali penyuntikan dosis. 

Advertisement

Namun ada perbedaan pada rentang waktu penyuntikan vaksin untuk tahap kedua. Jika vaksin Sinovac dilakukan 2 kali penyuntikan dengan rentang waktu 14 hari setelah vaksinasi pertama, sedangkan Astrazaneca dilakukan pada rentang waktu 21-28 hari setelah vaksinasi pertama.

“Untuk penyuntikan dosis vaksin Gotong Royong sama dengan Sinovac, yaitu sama dua kali penyuntikan dosis. Hanya saja vaksin Gotong Royong jarak penyuntikan dosis keduanya berkisar antara 21 sampai dengan 28 hari setelah penyuntikan dosis pertama,” ungkap Mimi, Jumat, 21 Mei 2021.

Baca: Menjaga Hubungan Kepada Allah dan Orang Lain

BACA JUGA:  Warga India Oleskan Kotoran Sapi ke Tubuh, Dipercaya Tangkal Corona

Dijelaskan Mimi, dari 639.580 dosis vaksin yang telah didistribusikan ke Riau terdiri dari vaksin Sinovac dan 2.800 dosis vaksin Astrazeneca. Vaksin Astrazaneca, dijelaskannya, masih dikhususkan untuk TNI sedangkan untuk kabupaten/kota sampai saat ini masih Sinovac.

Dia menambahkan, dengan telah diserahkannya vaksin ke kabupaten/kota di Riau, maka berikutnya tanggung jawab daerah untuk melaksanakan vaksinasi bagi masyarakatnya. Di mana untuk tahap kedua ini bagi petugas publik. Dan masyarakat yang sesuai dengan sasaran penerima vaksin bisa langsung ke Puskesmas, tanpa harus ada vaksinasi massal. (bpc2)